Begini Cara BMI, Santri dan Pemuda Desa Pasarean Peringati HUT RI ke 76

Selasa, 17 Agustus 2021 - 16:02 WIB
loading...
Begini Cara BMI, Santri dan Pemuda Desa Pasarean Peringati HUT RI ke 76
BMI Kabupaten Bogor bersama Forum Silaturrahmi Pemuda Desa Pasarean dan Rumah Santri menggagas rangkaian kegiatan Napak Tilas sekaligus Ziarah ke makam Pahlawan asal Pasarean. Foto Ist
A A A
CIBINONG - Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 menjadi momentum penting untuk merenung/refleksi akan sejarah panjang perjuangan para pendiri bangsa dalam upaya merebut kemerdekaan dari para penjajah. Dalam momentum ini Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Bogor bersama Forum Silaturrahmi Pemuda Desa Pasarean (FORSIPA) dan Rumah Santri menggagas rangkaian kegiatan Napak Tilas sekaligus Ziarah ke makam Pahlawan asal Pasarean (KH Soleh Iskandar) dan Bedah Buku “Seteru 1 Guru” serta ngaliwet Kemerdekaan.

Begini Cara BMI, Santri dan Pemuda Desa Pasarean Peringati HUT RI ke 76


Baca : Sekelompok Orang Segel Gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon Tepat di Hari Peringatan HUT RI ke 76


Ketua FORSIPA menuturkan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada generasi muda akan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

"Kegiatan ini selain kami mendoakan para pahlawan telah gugur dengan melakukan ziarah, juga untuk mengingatkan kembali perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kepada generasi muda," tutur Heri Gunawan dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Selasa (17/8/2021).

Dia menambahkan, bahwa di tanah Pasarean banyak terlahir pahlawan yang vokal dalam melawan para penjajah, diantaranya ada KH Abdul Hamid yang namanya di abadikan sepanjang Jalan Cemplang sampai Parabakti, dan KH Sholeh Iskandar yang namanya diabadikan di Jalan Baru Kota Bogor.

"Saya berharap semoga semangat perjuangan dan pengorbanan orang tua kita tersebut bisa memberikan motivasi kepada generasi muda untuk senantiasa bergerak dan berbuat dalam mengisi kemerdekaan ini," tambah Bo'eng sapaan akrabnya
Begini Cara BMI, Santri dan Pemuda Desa Pasarean Peringati HUT RI ke 76

Pada kesempatan yang sama Ketua BMI Kabupaten Bogor Ruhiyat Sujana memberikan pesan singkat di momentum kemerdekaan.

"Kemerdekaan adalah anugerah terindah yang Allah berikan kepada kita sehingga sudah sepatutnya kita sebagai anak bangsa mensyukurinya dengan menanamkan kembali semangat nasionalisme dan patriotisme serta menanamkan semangat melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan," ujarnya.

Iapun menambahkan, kita punya sejarah panjang perlawanan terhadap penjajahan dimana disini banyak terlahir para pejuang kemerdekaan.

“Kemerdekaan adalah Kenangan yang tidak boleh dilupakan” semangat menebar kebaikan dan semangat merawat persatuan adalah cara sederhana mengisi kemerdekaan. Jangan pernah bosan untuk berbuat kebaikan dan berpesan tentang kebaikan," tambah Kang RS sapaan akrab anggota dewan yang bersahaja ini.

Selanjutnya Ketua Rumah Santri ustad Dede Lutfhi Afifi menyampaikan bahwa semangat persatuan adalah kunci para pendahulu kita dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.



"Persatuan adalah kunci dalam merebut kemerdekaan, oleh karena perbedaan jangan sampai perbedaan ini menjadi perpecahan, mari kita bersatu kita lanjutkan cita-cita para pendahulu kita," pungkasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.8045 seconds (0.1#10.140)