Jenazah COVID-19 di Bali Tertukar, Begini Penyelesaiannya

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 10:40 WIB
loading...
Jenazah COVID-19 di Bali Tertukar, Begini Penyelesaiannya
Kuburan dua jenazah pasien COVID-19 yang sama-sama bernama Ni Gusti Made Rai di pemakaman Desa Tengkulak Kaja, Gianyar. Kedua jenazah itu sempat tertukar. Foto istimewa
A A A
DENPASAR - Dua jenazah pasien COVID-19 di Gianyar, Bali, tertukar gara-gara punya nama dan berasal dari desa yang sama. Meski kini kedua jenazah telah sama-sama dikuburkan, upaya itu tidak mudah.

Kedua jenazah sama-sama bernama Ni Gusti Made Rai, hanya beda usia 82 dan 65 tahun. Keduanya sama-sama warga Desa Adat Tengkulak Kaja, hanya saja tinggalnya beda dusun.

Kepala Desa Adat atau Bendesa Tengkulak Kaja I Made Selamet mengatakan, proses pemakaman kedua jenazah nyaris tidak bisa dilakukan. "Ini karena keluarga salah satu pemilik jenazah merencanakan kremasi," ungkapnya ketika dihubungi, Sabtu (14/8/2021).

Selamet, aparat desa dibantu kepolisian lalu mendatangi keluarga tersebut dan meminta dengan penuh kesadaran dan keikhlasan agar jenazah yang akan dikremasi itu dikuburkan terlebih dulu.

Menurut dia, awig-awig atau aturan adat di desanya melarang jenazah yang terlanjur dikebumikan digali dan dibongkar selagi belum ditentukan hari baik untuk melaksanakan pengabenan.

Setelah bernegosiasi, pihak masing-masing keluarga menerima dengan ikhlas dan kedua jenazah lalu dikuburkan berdampingan di pemakaman desa setempat, Kamis (12/8/2021) malam.

Selamet menduga ada keteledoran pihak rumah sakit, karena nama dan asal kedua jenasah berasal dari desa yang sama dan sama-sama berjenis kelamin perempuan. "Ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua agar tidak terulang," tutupnya.

Seperti diberitakan, warga Gianyar heboh menyusul peristiwa dua jenazah pasien COVID-19 yang tertukar. Akibatnya, jenazah yang seharusnya dikremasi malah terlanjur dikubur.

Peristiwa menghebohkan itu terjadi di Desa Adat Tengkulak Kaja, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Selain nama dan berasal dari desa yang sama, kedua jenazah juga sama-sama berjenis kelamin perempuan. Keduanya juga sama-sama dirawat dan meninggal di RS Sanglah Denpasar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)