Refokusing Anggaran, Alokasi Pemeliharaan DAS Kota Bandung Rp8 Miliar

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 10:58 WIB
loading...
Refokusing Anggaran, Alokasi Pemeliharaan DAS Kota Bandung Rp8 Miliar
Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung melakukan refokusing anggaran tahun 2021 untuk pemeliharaan daerah aliran sungai (DAS). Kendati mengalami pengurangan, beberapa program pemeliharaan sungai tetap dilakukan.

"Setelah dirasionalisasi totalnya yang di bidang SDA (SUmber Daya Air) itu sekitar Rp25 miliar. Kemudian di UPT DAS (Daerah Aliran Sungai) itu Rp8 miliar untuk pemeliharaan rutin," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi.

Meskipun terkena refocusing atau rasionalisasi anggaran, pihaknya tetap melakukan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan aliran sungai. Kegiatan sesuai dengan hasil rasionalisasi anggaran tersebut.

Adapun program pemeliharaan dan pengembangan aliran sungai tersebut di antaranya meliputi perbaikan Tembok Penahan Tanah (TPT) atau kirmir dan pagar pengaman sungai, pembangunan sumur imbuhan, pembuatan sumur resapan, pembangunan kolam retensi.

Termasuk juga pemeliharaan dan penataan sempadan sungai cipamokolan, normalisasi Sungai Cibodas Cidurian, pembangunan drainase dan pemeliharaan rutin sungai oleh UPT (pengerukan sedimen, babadan rumput) di seluruh sungai di wilayah Kota Bandung.

Ke depannya DPU juga akan mendorong agar sungai dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada dalam binaannya untuk dijadikan sebagai ruang publik dan destinasi wisata. Sehingga dapat menarik ketertarikan masyarakat.

"Saya ingin menyampaikan filosofinya bahwa kebahagiaan itu adalah kebutuhan sekunder. Sehingga kami ingin mengangkat bahwa kebahagiaan itu merupakan kebutuhan primer," jelasnya.

"Untuk membangun kebahagiaan secara fisikal itu butuh ruang. Salah satunya melalui ruang publik. Itu untuk ruang kebahagiaan," lanjutnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)