Warga Kota Tegal Ramai-Ramai Gadaikan Emas Jelang PSBB

Selasa, 21 April 2020 - 11:41 WIB
loading...
Warga Kota Tegal Ramai-Ramai Gadaikan Emas Jelang PSBB
Warga ramai mendatangi pegadaian di Kejambon, Kecamatan Tegal Selatan, Tegal. Foto/iNews/Yunibar
A A A
TEGAL - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diterapkan di Kota Tegal pada Kamis (23/4/2020) lusa. Menghadapi kebijakan untuk menekan penyebaran virus corona itu, warga Kota Tegal ramai-ramai menggadaikan perhiasan emas dan barang berharga untuk memenuhi kebutuhan hidup selama PSBB.

Dari pantauan wartawan, puluhan warga Kejambon, Kecamatan Tegal Selatan, Selasa (21/4/2020) pagi, beramai-ramai mendatangi kantor pegadaian. Warga mengaku terdesak kebutuhan hidup apalagi beberapa hari lagi memasuki bulan suci Ramadan.

Salah seorang warga, Waisah mengaku terpaksa menggadaikan perhiasan kalung emasnya seberat 2,5 gram. Dia mendapatkan pinjaman Rp1,9 juta. "Ini paling bisa buat kebutuhan selama satu minggu. Ya kita siap-saja soalnya mau Ramadan juga," kata Waisah, Selasa (21/4/2020).( )

Pimpinan Cabang Pegadaian Kejambon Kota Tegal, Iskandar Riza mengatakan, sejak wabah corona melanda jumlah nasabah gadai meningkat 20% dari hari biasa. Mayoritas warga menggadaikan perhiasan emas seiring meningkatnya harga sejak beberapa pekan terakhir. Harga emas antam 24 karat saat ini mencapai Rp900.000 per gram.

"Mayoritas memang gadaikan emas. Tapi ada juga yang gadaikan barang elektronik seperti kamera, handphone, laptop. Sepeda juga kami terima," kata Iskandar Riza.

Dia menduga banyaknya warga menggadaikan emas karena pinjamannya bisa mencapai 90% dari taksiran. Iskandar juga menuturkan, pinjaman tanpa bunga di Pegadaian pun ramai peminat. Di mana pinjaman tersebut dikembalikan tanpa bunga dalam waktu dua bulan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)