Turis Rusia Ditemukan Selamat Usai Tersesat 24 Jam di Gunung Sang Hyang Bali

Senin, 09 Agustus 2021 - 21:37 WIB
loading...
Turis Rusia Ditemukan Selamat Usai Tersesat 24 Jam di Gunung Sang Hyang Bali
Igor (27), wisatawan Rusia ditemukan tim SAR Gabungan usai tersesat 24 jam di Gunung Sang Hyang, Tabanan, Bali Senin (9/8/2021). Foto/Basarnas Bali
A A A
TABANAN - Setelah 24 jam lebih tersesat di Gunung Sang Hyang, Tabanan, Bali, turis Rusia , Igor (27), akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Wisatawan Rusia Tersesat di Gunung Sang Hyang Bali

"Target ditemukan tim SAR gabungan pukul 18.15 Wita," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas) Bali Gede Darmada.

Baca juga: Usai Ritual di Sendang Suroloyo, 3 Pendaki Gunung Ungaran Hilang Misterius

Igor ditemukan di ketinggian 1.880 meter di atas permukaan laut. Saat ditemukan, bule asal negeri beruang merah itu dalam kondisi lemas.

Setelah berhasil dievakuasi ke bawah, Igor segera dibawa ke Puskesmas Pupuan untuk diperiksa kondisi kesehatannya. Dia dinyatakan hanya kelelahan.

Seperti diberitakan, Igor mendaki bersama dua rekannya dari Desa Jatiluwih, Tabanan, Minggu (8/8/2021) pukul 08.00 Wita.

Setelah mendaki sejauh 1,5 kilometer, dua orang kelelahan dan memutuskan kembali. Sekitar pukul 14.00 Wita, keduanya telah tiba di vila tempat mereka menginap di Gianyar.

Sekitar pukul 17.00 Wita, Igor sempat mengirimkan pesan melalui Whatsapp yang mengabarkan telah sampai di puncak, tapi tidak tahu jalan turun.

Darmada menambahkan, Gunung Sang Hyang memiliki karakteristik vegetasi yang lebat sehingga membuat pendaki bisa tersesat. "Terlebih di musim hujan," ujarnya.

Karenanya disarankan tidak melakukan pendakian sendirian dan menggunakan pemandu lokal. "Pencarian dibantu polisi, relawan dan masyarakat setempat," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)