Lebaran di Rumah Aja Bikin Trafik Data 3 Indonesia Naik 57 Persen

Jum'at, 29 Mei 2020 - 07:10 WIB
loading...
Lebaran di Rumah Aja Bikin Trafik Data 3 Indonesia Naik 57 Persen
Ilustrasi tower seluler. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun ini membuat lalu lintas data 3 Indonesia meningkat hingga 57 persen jika dibandingkan dengan hari pertama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

Peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Duo. Baca Juga : Honda Rencanakan Bunuh Civic dan 2 Model Lain Agustus 2020

Penggunaan Zoom meningkat hingga 87 persen pada hari pertama Idul Fitri jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya. Selain itu, lalu lintas data untuk penggunaan sosial media Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri. (BACA JUGA: Yuk! Aktifkan Instagram Video Call 50 Orang seperti WhatsApp)

Jika dibandingkan dengan hari normal sebelum pembatasan sosial diberlakukan, kenaikan trafik data pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 19 persen.

Tapi jika dibandingkan dengan hari normal sejak diberlakukannya pembatasan sosial, kenaikan trafik pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 8 persen.

Sementara, untuk layanan SMS dan Voice mengalami penurunan sekitar 20 persen (SMS) dan 40 persen (voice) jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Hal ini dikarenakan pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video telekoferensi.

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia M. Buldansyah, mengatakan, 3 sendiri telah melakukan upaya peningkatan jaringan di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia.

Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 35 POI di Kalimantan dan Sulawesi. (BACA JUGA: Hanya Rp9,2 Juta, Data 267 Juta Akun Facebook Dijual Murah)

Selain itu, untuk semakin memastikan penyediaan jaringan yang andal, 3 juga telah membangun 2.500 BTS baru, serta menambah kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area pemukiman penduduk. 18 unit armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan di sejumlah titik strategis. Optimisasi juga dilakukan di area rumah sakit rujukan COVID-19.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3018 seconds (0.1#10.140)