Ajak Masyarakat Lawan COVID-19, Farhan Sumbang APD untuk Nakes di Bandung-Cimahi

Kamis, 28 Mei 2020 - 19:40 WIB
loading...
Ajak Masyarakat Lawan COVID-19, Farhan Sumbang APD untuk Nakes di Bandung-Cimahi
Anggota DPR dari Fraksi Nasdem Muhammad Farhan menyerahkan bantuan APD ke RS Dustira Cimahi. Foto/Dok Pribadi M Farhan
A A A
BANDUNG - Setelah sebelumnya membagikan puluhan ribu masker untuk masyarakat, kali ini anggota DPR dari Fraks Nasional Demokrat (NasDem) Muhammad Farhan menyalurhkan bantuan puluhan ribu alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bandung dan Cimahi.

Bantuan APD diberikan sebagai wujud kepedulian Farhan terhadap nakes yang berjuang di garda terdepan dalam menanggulangi wabah virus Corona atau COVID-19. (BACA JUGA: Sepekan, Pasien Positif COVID-19 di Kota Bandung Jadi 300 Orang )

Puluhan ribu APD yang telah didistribusikan itu meliputi head covers, shoes covers, masker N95, hazmat disposable, faceshield, dan masker kain. Sebagian masker dibagikan untuk masyarakat.

"Para tenaga kesehatan bekerja siang dan malam tanpa lelah, berpisah dari keluarga demi kemanusiaan," kata Farhan dalam kegiatan kunjungan dan masa reses di daerah pemilihan (dapil) Jabar 1, Kota Bandung dan Cimahi, Kamis, (28/5/2020).

Farhan mengemukakan, para tenaga kesehatan harus kontak langsung dengan pasien positif terinfeksi virus Corona di rumah sakit rujukan dan rumah sakit non-rujukan.

Keselamatan dan kesehatan para tenaga kesehatan, ujar dia, sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu, Farhan membantu APD untuk mereka. (BACA JUGA: Pemkot Bantah Mal di Bandung Mulai Beroperasi 30 Mei )

"Alhamdulillah kami berkesempatan membantu para tenaga kesehatan dengan menyediakan alat pelindung diri yang telah didistribusikan ke beberapa rumah sakit dan klinik seperti RS Dustira sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Cimahi," tutur Farhan.

Selain itu, bantuan APD juga didistribusikan kepada Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kota Bandung, Klinik Pratama Unpad, dan sebagian dititipkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat dan Dinkes Kota Bandung.

"Saya sampaikan rasa terima kasih kepada semua tenaga kesehatan dan petugas di lapangan beserta keluarganya yang telah tabah mengizinkan mereka mengabdikan diri jiwa dan raga untuk dapat merawat dan menjaga para pasien positif COVID-19, sekaligus menahan laju penyebaran COVID-19," ujar dia.

Menurut Farhan, sudah saatnya semua lapisan masyarakat, bukan hanya tenaga kesehatan, bersatu dan mengambil peran melawan pandemi COVID-19. (BACA JUGA: Satu Keluarga Warga Batujajar KBB Sembuh dari COVID-19 )

"Sebab, melawan COVID-19 tidak hanya dapat dilakukan secara parsial atau oleh sebagian masyarakat, namun kita semua harus bersama berkomitmen tetap menjalankan protokol COVID-19 yang telah dibuat oleh pemerintah," kata Farhan.

Dia berharap, semua pihak bisa membantu dan meringakan beban para tenaga kesehatan yang bertugas, minimal dengan selalu menjaga jarak dan tetap di rumah. (BACA JUGA: Korban Tawuran yang Tenggelam di Sungai Irigasi Karawang Ditemukan Meninggal )

"Semaksimal mungkin kita semua berusaha memutus rantai penyebaran COVID-19 agar tidak semakin meningkat. Hal tersebut kita lakukan agar apa yang tenaga kesehatan lakukan tidak menjadi sia-sia. Kita pasti bisa melawan COVID-19. Indonesia jangan menyerah, bukan terserah," pungkas Muhammad Farhan.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)