Dijemput dari Rumah, Dua Pedagang Positif Corona Diisolasi di RS

Kamis, 28 Mei 2020 - 19:15 WIB
loading...
Dijemput dari Rumah, Dua Pedagang Positif Corona Diisolasi di RS
Petugas dengan APD lengkap menjemput salah satu pedagang Pasar Sumber yang terkonfirmasi positif Corona untuk diisolasi di RS. Foto: SINDOnews/Toiskandar
A A A
CIREBON - Dua pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Corona (COVID-19) dijemput untuk diisolasi di rumah sakit. Ini dilakukan karena kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan keduanya melakukan karantina secara mandiri.

Kamis (28/5/2020), tim medis dan petugas gabungan dengan alat pelindung diri lengkap, mendatangi rumah kedua pedagang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Sumber. Di rumah salah satu pedagang, petugas sempat kesulitan karena perempuan berusia 50 tahun itu ngotot ingin melakukan isolasi mandiri di rumah.

Beruntung, petugas bisa meyakinkan sang pedagang bahwa isolasi di rumah sakit jauh lebih baik. Sementara satu pedagang lain, yaitu perempuan berusia 73 tahun petugas bisa membawanya tanpa kendala berarti.

(Baca: Dua Pedagang Positif Corona, Pasar Sumber Cirebon Ditutup Dua Pekan)

Nanang Ruhiyana, juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon menjelaskan, penjemputan kedua pedagang untuk menjalani isolasi di rumah sakit adalah upaya menekan penyebaran COVID-19.

”Karena lingkungan tidak mendukung mereka melakukan isolasi mandiri, jadi kami bawa untuk menjalani isolasi di rumah sakit,” ujar dia.

Kedua pedagang yang tidak menunjukkan gejala klinis dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil uji swab beberapa waktu lalu. Keduanya sempat berpergian dan melakukan kontak erat dengan pemudik dari wilayah episentrum wabah.

Dari penelusuran petugas gugus tugas, ada lebikh dari 40 orang yang melakukan kontak erat dengan dua pasien tersebut. Karena itu, gugus tugas akan melakukan tes swab massal terhadap ke-40 orang tersebut. ”Termasuk para pedagang yang beraktivitas bersama yang bersangkutan,” ujar Nanang.

(Baca: Satu Keluarga Warga Batujajar KBB Sembuh dari COVID-19)

Dua pedagang yang terkonfirmasi positif ini menggenapi total 12 pasien positif Corona di Kabupaten Cirebon. Angka tersebut terdiri atas 4 orang masih dirawat, 6 orang sembuh, dan 2 orang meninggal.

Seperti diberitakan, lantaran temuan dua pedagang yang positif Corona, Pasar Sumber ditutup selama 14 hari. Kendati cukup berpengaruh terhadap penghasilan para pedagang, namun mereka umumnya setuju dengan langkah penutupan yang dilukan Pemkab Cirebon.

”Saya setuju saja ditutup dua minggu untuk membersihkan pasar. Setelah itu kan masih bisa berjualan lagi,” kata Ahmad Fauzi, salah satu pedagang Pasar Sumber.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)