Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Dijaga Ketat Ratusan Personel Gabungan, Lahan Tol Cisumdawu Berhasil Dieksekusi

loading...
Dijaga Ketat Ratusan Personel Gabungan, Lahan Tol Cisumdawu Berhasil Dieksekusi
Ratusan personel gabungan mengamankan pelaksanaan eksekusi pengosongan lahan dan bangunan untuk Tol Cisumdawu, Selasa (3/8/2021). Foto/Istimewa
SUMEDANG - Ratusan personel gabungan menjaga ketat pelaksanaan eksekusi pengosongan tanah dan bangunan untuk pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Selasa (3/8/2021).

Upaya pengamanan eksekusi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa dan Kabid Trantibum dan Tranmas Satpol PP Kabupaten Sumedang, Hilman Abdilah. Baca juga: KPK Jebloskan Terpidana Korupsi Proyek Jembatan di Riau ke Lapas Cibinong

Pengamanan eksekusi lahan untuk Tol Cisumdawu Fase 2 di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara itu melibatkan 250 personel Polres Sumedang, 60 personel Kodim 0610 Sumedang, dan 60 personel Satpol PP Kabupaten Sumedang.

Adapun objek eksekusi berupa tanah seluas 175 meter persegi beserta bangunan di atasnya yang terletak di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara atas nama Wardi.



Pelaksanaan eksekusi dipimpin oleh Panitera Pengadilan Negeri Sumedang Kelas I B Hadi Riyanto, SH didampingi oleh dua orang pegawai Pengadilan Negeri Sumedang sebagai saksi yakni R Syuman Auliurohman, MH, dan Edi Kurniadi, S.Sy

Hadir pula Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) PPK Pengadaan Tanah Tol Cisumdawu dan Soreang Pasirkoja, Sutrianto YHS, ST dan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sumedang Utara Ely Yani.

Proses eksekusi diawali dengan pembacaan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Sumedang Nomor: 30/Pdt.Eks/2021/PN Smd Jo. Nomor 12/Pdt.P-Kons/2021/PN Smd tanggal 26 Juli 2021 oleh Panitera Pengadilan Negeri Sumedang dan dilanjutkan dengan pengosongan bangunan dan penggunaan alat berat.

Panitera Pengadilan Negeri Sumedang, Hadi Riyanto mengatakan bahwa pelaksanaan eksekusi berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Pihaknya pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang turut membantu pelaksanaan eksekusi.

"Alhamdulillah pelaksanaan eksekusi berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya eksekusi," ungkap Hadi dalam keterangannya.Baca juga: Jksa Tangkap Terpidana Pembobol Dana Pensiun PT Pertamina Rp1,4 Triliun

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman yang turut hadir dalam eksekusi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan Tol Cisumdawu.



"Pemerintah daerah bersama Forkopimda akan terus mengawal pembebasan dan pembangunan jalan tol sampai tuntas, termasuk untuk desa dan kecamatan lain yang akan dilintasi Tol Cisumdawu," katanya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top