Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Di Masa Pandemi, BMM Salurkan Hewan Kurban ke Daerah Terluar dan Terdampak Bencana

loading...
Di Masa Pandemi, BMM Salurkan Hewan Kurban ke Daerah Terluar dan Terdampak Bencana
Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM), melalui program Qurban Prioritas, menyalurkan hewan kurban fokus ke daerah terluar, miskin, dan terdampak bencana pada momen Idul Adha 1442 H di masa pandemi ini. Foto istimewa
JAKARTA - Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM), melalui program Qurban Prioritas, menyalurkan hewan kurban fokus ke daerah terluar, miskin, dan terdampak bencana pada momen Idul Adha 1442 H di masa pandemi ini.

Novi Wardi, Direktur Eksekutif BMM mengatakan, menyalurkan amanah hewan kurban kali ini menyasar lokasi-lokasi yang kondisi masyarakatnya jarang bahkan belum pernah merasakan makan daging kurban. Baca juga: Alirkan Kebaikan Idul Adha 1442 H, Laznas BSMU Salurkan Lebih 100 Ribu Kantong Daging

Ada pun wilayah yang menjadi lokasi penyelenggaraan Qurban Prioritas BMM kali ini, di antaranya tersebar di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, NTB, NTT, Maluku, dan Papua.

Wardi mengatakan, jumlah para mudhohi (pekurban) kali ini mengalami peningkatan, walapun masih dalam situasi sulit. "Dukungan dan antusiasme masyarakat, baik dari perorangan maupun korporasi atau komunitas lainnya, jumlah pekurban yang mengamanahkan hewan kurbannya melalui BMM mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 73 persen. Tercatat 2,658 pequrban yang mempercayakan kurbannya melalui BMM," beber Wardi, Rabu (28/7/2021).



Pihaknya berterima kasih, karena walaupun saat ini kita berada di masa sulit dengan adanya pandemi COVID-19 dan kebijakan PPKM dari pemerintah, BMM tetap dipercaya oleh masyarakat yang menitipkan hewan kurbannya. "Dengan menitipkan hewan kurban di lembaga seperti BMM, para mudhohi menjadi lebih aman dalam menunaikan ibadahnya dan terhindar dari paparan virus,” ujar Wardi.

Tahun ini, sebanyak 902 hewan kurban dengan rincian 726 ekor domba/kambing dan 276 ekor sapi telah disembelih pada tanggal 20-23 Juli 2021 di 19 provinsi dan disalurkan di 35 titik distribusi. Baca juga: Afghanistan Tangkap Pelaku Serangan Rudal Saat Salat Idul Adha

Salah satu daerah terdampak gempa yang menerima manfaat Qurban Prioritas, lanjut Wardi, adalah Mamuju, tepatnya kelompok karang taruna di Dusun Petakeang, Kelurahan Galung, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Wilayah Mamuju sendiri merupakan daerah terdampak bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi pada bulan Januari lalu. "Kondisi mereka saat ini masih belum stabil dan masih membutuhkan bantuan. Untuk itulah BMM menjadikan wilayah terdampak bencana menjadi salah satu prioritas sasaran distribusi untuk program Qurban Prioritas 1442 H kali ini," tutupnya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top