Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Usai Gempa Magnitudo 6,2 BMKG Mencatat 19 Kali Gempa Susulan di Melonguane Sulut

loading...
Usai Gempa Magnitudo 6,2 BMKG Mencatat 19 Kali Gempa Susulan di Melonguane Sulut
BMKG mencatat terjadi 19 kali gempa susulan di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Foto/BMKG
TALAUD - Sebanyak 19 kali gempa susulan terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu (10/7/2021). Gempa susulan ini, dicatat BMKG terjadi usai gempa bermagnitudo 6,2. Dipastikan gempa tak berpotensi memicu tsunami.

Baca juga: Ini Penjelasan BMKG Terkait Gempa Bumi Tektonik M 6,2 di Kepulauan Talaud

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H. Mengko mengatakan, gempa susulan pertama berkekuatan M5,8. Kemudian yang kedua M5,1, lalu semakin mengecil menjadi M3,5. Kemudian naik menjadi 4,4; 4,8 dan mengecil lagi 4,0. "Gempa susulan sebanyak 19 kali dengan magnitudo antara 3,2-5,8, semua gempa susulan tersebut tidak dirasakan," kata Mengko.





Sementara dari Pusdalops BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud, menyebutkan, gempa tersebut dirasakan pelan di Kecamatan Salibabu, di Kecamatan Moronge, dan Melonguane justru tidak dirasakan. Sedangkan di kecamatan lain tidak terdampak. Sampai saat ini tidak ada laporan dari camat atau kades dampak dari gempa tersebut.

Baca juga: Blitar Gempar, Istri Tewas Telanjang di Kamar dan Suami Ditemukan Gantung Diri

Sebelumnya, Melonguane diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan M6,2. Episenter gempa terletak pada titik koordinat 2,99 Lintang Utara dan 126,63 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 km Barat Daya Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 10 km.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top