alexametrics

Terapkan New Normal, Mal di Semarang Masih Sepi Pengunjung

loading...
Terapkan New Normal, Mal di Semarang Masih Sepi Pengunjung
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memantau penerapan new normal di Ciputra Mall Semarang, Selasa (26/52020). FOTO/DOK.HUMAS PEMPROV JATENG
A+ A-
SEMARANG - Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Semarang mulai menerapkan new normal atau tatanan normal baru untuk menghadapi pandemi COVID-19. Tak banyak pengnjung yang terlihat, selain itu banyak gerai masih tutup.

Penerapan protokol kesehatan tetap sangat ketat, dengan pengecekan suhu tubuh, pemberlakuan jaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, dan lainnya. Beberapa pengunjung tampak tertib memakai masker, meski ada pula yang tak mengenakan secara benar karena hanya digantung di leher.

"Pakai maskernya yang benar. Jangan anggap sepele virus ini. Masker ini fungsinya untuk melindungi dari droplet teman Anda," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memantau penerapan new normal di Ciputra Mall Semarang, Selasa (26/52020). "Itu yang dekat-dekat, ayo jaga jarak," katanya.(Baca juga: Ini Skenario Penerapan New Normal di Jawa Tengah)



Para petugas di mal seperti satpam, penjaga pelayanan depan, kasir hingga penjaga gerai juga sudah melengkapi diri dengan masker dan penutup wajah atau face shield. Ada pula beberapa gerai yang memasang tirai berupa mika atau kaca penghalang di depan pelayanan dan toko masing-masing sebagai pelindung.

"Saya senang karena hampir semuanya mulai menerapkan normal baru. Beberapa tempat sudah menyiapkan tempat antrian agar jaga jarak, sudah menggunakan face shield, kaus tangan dan lainnya. Bahkan di sejumlah toko sudah membuat tabir agar tidak berhubungan langsung dengan masyarakat," ujarnya.

Dia melanjutkan, cara normal baru itu harus dilakukan di tengah pandemi saat ini. Sehingga, semua pelayanan bisa tetap berjalan dan ekonomi tetap menggelinding. Meski tidak mudah, tapi agar cara hidup normal baru itu harus dimulai saat ini dan semua harus berlatih menjalaninya.(Baca juga: New Normal, Ratusan ASN Karanganyar Ikuti Apel dan Halal Bihalal)

"Cara yang cukup kreatif ini perlu dilakukan, sehingga ekonomi berjalan normal, masyarakat tetap terlayani dan semuanya bisa sehat. Maka saya minta, semua tempat keramaian dijaga ketat. Saya ingin semua berlatih untuk mengikuti kebiasaan baru, keluar rumah pakai masker atau face shield, kacamata lebih bagus. Jaga jarak dan rajin cuci tangan. Cara ini penting untuk memproteksi diri, saudara dan teman agar semuanaya bisa aman," katanya.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak