Ingin Jadi WNI, Xiangguang Xue Dites Nyanyi Indonesia Raya

Jum'at, 25 Juni 2021 - 16:58 WIB
loading...
Ingin Jadi WNI, Xiangguang Xue Dites Nyanyi Indonesia Raya
Xiangguang Xue, warga negara Tiongkok mengajukan permohonan pewarganegaraan menjadi WNI, dia pun harus bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya. Foto: Istimewa
A A A
SURABAYA - Sekarang lagi ramai rencana Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya . Namun, tidak cuma PNS yang diwajibkan bisa dan paham menyanyikan lagu kebangsaan itu. Orang Asing yang ingin menjadi Warga Negara Indonesia ( WNI ) juga harus dites menyanyikan lagu ciptaan WR Supratman itu.

Hal tersebut dialami Xiangguang Xue WN Tiongkok yang mengajukan permohonan pewarganegaraan menjadi WNI, Jumat (25/6/2021). Dia dites berbagai macam wawasan kebangsaan. Salah satunya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya.



Tes itu dilakukan saat Rapat Pemeriksaan Substantif Pewarganegaraan RI yang digelar di Ruang Rapat Law and Human Rights Centre. Rapat dipimpin Kadiv Yankumham Subianta Mandala.

Dengan menghadirkan Hari Suprayitno selaku perwakilan dari Polda Jatim, perwakilan dari Kanwil Ditjen Pajak Jatim M. Setianto, perwakilan dari Dispendukcapil Jatim Junita Elisabeth dan Isman Jayadi sebagai perwakilan dari Divisi Keimigrasian.

Setiap perwakilan yang menjadi pemeriksa mengajukan berbagai pertanyaan terkait wawasan kebangsaan. Yang berguna sebagai bahan pertimbangan untuk dapat memberikan persetujuan pemohon.



Di akhir pemeriksaan, Subianta menyampaikan pesan kepada Xiangguang agar memegang teguh nasionalisme terhadap Indonesia. Karena menurutnya, pengetahuan Xiangguang mengenai Indonesia sangat bagus. "Mulai dari sejarah, pelafalan bahasa, pancasila dan lagu kebangsaan sudah bagus,” tutur Subianta.

Selanjutnya, pihak kanwil akan meneruskan permohonan tersebut ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU).
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)