Darurat COVID-19 di Kudus Meluas ke Daerah Lain, Ini Rinciannya!

Senin, 07 Juni 2021 - 15:51 WIB
loading...
Darurat COVID-19 di Kudus Meluas ke Daerah Lain, Ini Rinciannya!
Darurat COVID-19 di Kudus meluas, kini setidaknya terdapat 8 daerah di Jateng masuk zona merah. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Darurat COVID-19 di Kudus meluas ke sejumlah daerah di Jateng. Kini setidaknya terdapat 8 daerah masuk zona merah, akibat meningkatnya angka kasus COVID-19.

Baca juga: Ngerinya Kasus COVID-19 di Kudus-Bangkalan, Ratusan Pasien Bertambah dalam Sepekan

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memberikan instruksi khusus pada delapan bupati di Jawa Tengah. Instruksi itu disampaikan Ganjar saat memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 secara daring di ruang rapat Gedung A lantai 2 kompleks Pemprov Jateng, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Lonjakan Kasus COVID-19 di Kudus dan Bangkalan Karena Ziarah dan PMI Pulang

"Seperti yang sudah diprediksikan, dua minggu pascaliburan terjadi kenaikan. Awalnya hanya tiga kabupaten/kota yang masuk zona merah, yakni Kudus, Brebes, dan Sragen. Namun saat ini, ada delapan yang masuk zona merah, yakni Kudus, Demak, Grobogan, Pati, Jepara, Sragen, Kabupaten Tegal dan Brebes," kata Ganjar.

Khusus untuk delapan daerah zona merah itu, Ganjar memerintahkan semuanya menambah kapasitas tempat tidur, baik ICU, maupun isolasi. Tempat isolasi terpusat harus segera disiapkan, bisa di hotel, wisma bahkan kalau perlu bisa menggunakan gedung sekolah.

"Kalau tidak bisa, segera koordinasi dengan kami, karena kami memiliki sejumlah tempat isolasi terpusat yang siap. Tak hanya di kabupaten/kota, saya minta kades/lurah kembali aktifkan Jogo Tonggo. Siapkan juga tempat isolasi-isolasi terpusat di desa untuk menangani ini," ucapnya.

Ganjar juga meminta operasi yustisi ditingkatkan di delapan daerah itu. Tempat-tempat keramaian harus diperketat bahkan jika diperlukan harus ditutup.

"Tempat wisata, mal, pasar, restoran semuanya diperketat. Kalau tidak bisa diatur, tutup," tegasnya.

Selain itu, dia meminta delapan daerah zona merah itu untuk menggenjot vaksinasi. Kementerian Kesehatan telah siap menambah stok vaksin di delapan daerah zona merah itu untuk menanggulangi potensi penyebaran COVID-19. Untuk Kudus, Menkes sudah mengirimkan 50.000 dosis vaksin, sementara untuk tujuh kabupaten/kota zona merah lainnya, segera dikirimkan 25.000 dosis vaksin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)