Terungkap, 4 Terduga Teroris di Merauke Papua Berperan Merekrut Anggota Baru

Kamis, 03 Juni 2021 - 17:24 WIB
loading...
Terungkap, 4 Terduga Teroris di Merauke Papua Berperan Merekrut Anggota Baru
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Foto/Inews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
MERAUKE - Setelah berhasil mengamankan tiga belas orang terduga teroris di Kabupaten Merauke, Papua dalam waktu sepekan, tim Densus 88 Anti Teror terus melakukan pengembangan terhadap peran dari ketiga belas orang terduga teroris tersebut.

Baca juga: 12 Terduga Teroris Diamankan, Dua Disiapkan Jadi Pengantin Bom Bunuh Diri di Merauke

Dari hasil penyelidikan diketahui empat dari tiga belas orang terduga teroris yang diamankan di Merauke mempunyai peran sebagai perekrut anggota baru. Kelompok terduga teroris yang diamankan di Merauke merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Baca juga: Uskup dan Gereja Katedral Merauke Jadi Sasaran Terduga Teroris yang Diamankan Densus 88

"Empat orang terduga teroris dari tiga belas terduga teroris di Merauke. Mereka mempunyai peran untuk merekrut anggota baru. Kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), inisial mereka pasangan suami isteri AP dan IK, serta dua orang lainnya berinisial SW dan YK," ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis (3/6/2021).

Saat ini, lanjut Fakhiri, Densus 88 Mabes Polri masih terus melakukan penyelidikan atas dugaan kasus terorisme di Merauke, Papua. Bahkan Kadensus 88 Mabes Polri telah tiba di Merauke untuk memimpin langsung penyelidikan tersebut.

"Kadensus sudah tiba di Merauke untuk memimpin langsung penyelidikan disana. Rekan-rekan Densus terus bekerja untuk mengungkap dugaan kasus terorisme di daerah itu" ujarnya.

Terkait adanya penangkapan belasan terduga teroris di kabupaten Merauke, mantan Wakapolda Papua ini meminta masyarakat untuk tak perlu khawatir. Fakhiri meminta masyarakat untuk tetap waspada dan dapat selalu menginformasikan kepada aparat keamanan bila ada hal-hal yang mencurigakan yang ditemui di tengah-tengah masyakarat.

Sementara mengenai dipindahkannya ketigabelas terduga teroris dari Merauke ke Jayapura, Fakhiri mengaku belum mengetahui kapan 13 terduga teroris itu akan dibawa ke Jayapura. Namun pastinya jika telah dipindahkan ke Jayapura, maka 13 terduga teroris tersebut akan ditahan di Mako Brimob Kota Raja, Jayapura.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)