Perempuan Berkontribusi Besar Lestarikan Budaya Nusantara

Jum'at, 28 Mei 2021 - 21:09 WIB
loading...
Perempuan Berkontribusi Besar Lestarikan Budaya Nusantara
Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tersebar di seluruh nusantara. Nilai luhur budaya itu sudah diakui dunia. Wayang dan batik, misalnya, sudah diakui dunia karena memiliki nilai luhur yang menjadi cerminan jatidiri bangsa. Nilai-nilai itu harus dirawat dan dilestarikan. Semua anak bangsa, utamanya perempuan memiliki peran sentral dalam melestarian budaya bangsa.

Oleh karena itu, tidak mengejutkan jika dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia yang dirilis tahun 2021 ini, sejumlah perempuan berprestasi memiliki minat yang tinggi terhadap pelestarian budaya, salah satunya adalah aktris Maudy Ayunda. Baca juga: Ketua DPD Berharap Kekayaan Budaya Kalimantan Jadi Ikon Ibu Kota Baru

Ketua DPR RI Puan Maharani Puan, saat membuka Pagelaran Wayang Kulit di TVRI, Senayan, Jakarta dalam rangka Peringatan Hari Kartini baru-baru ini mengatakan, perempuan memiliki kontribusi besar dalam melestarikan budaya nusantara. Itu karena perempuan Indonesia dibesarkan oleh budaya leluhur sehingga memiliki tekad untuk melestarikannya.

Menurut Puan, setidaknya ada dua bentuk peran yang dilakukan perempuan sebagai benteng budaya. “Pertama, sebagai agen budaya perempuan memiliki peran sentral dan berkontribusi besar dalam menciptakan sekaligus mempertahankan pelestarian produk kebudayaan yang ada dalam masyarakat,” ujar Puan.

Kedua, kiprah perempuan dalam keluarga memiliki andil sangat berharga. Yakni selain memupuk nilai-nilai budaya kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. “Keluarga merupakan titik awal kehidupan seseorang. Nilai-nilai yang ditanamkan dalam keluarga akan turut membimbing hidup seseorang sepanjang hidupnya. Harapan saya, setiap keluarga di Indonesia menjadi titik awal kecintaan rakyat Indonesia terhadap budaya bangsa,” tandasnya.

Ia menambahkan, para generasi muda harus menyadari bahwa produk dan nilai kebudayaan dari berbagai daerah ialah bagian dari keindahan dan keunikan Indonesia yang harus dijaga bersama. “Pada akhirnya, kita semua, baik perempuan maupun laki-laki, perlu sama-sama menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia,” kata Puan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)