Perhutani Kedu Selatan Bagikan Ribuan Sembako untuk Tenaga Kerja Hutan

Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:31 WIB
loading...
Perhutani Kedu Selatan Bagikan Ribuan Sembako untuk Tenaga Kerja Hutan
Pembagian paket sembako untuk tenaga kerja hutan di Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Selatan. Foto: Istimewa
A A A
PURWOREJO - Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Selatan membagikan sekitar 7.611 bingkisan sembako menjelang Lebaran kepada tenaga kerja hutan kayu dan non kayu di wilayahnya. Pembagian paket sembako berupa beras, minyak goreng dan gula pasir sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi wabah corona virus (COVID-19).

Pembagian bingkisan Lebaran dilakukan seretak di wilayah Pemangkuan Hutan Kedu Selatan yang tersebar di Kabupaten Purworejo, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara dan Wonosobo. “Bantuan diberikan kepada masyarakat desa hutan yang bekerja sebagai tenaga penyadap pinus dan kopal dan tenaga tebangan di KPH Kedu Selatan,” kata Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/5/2020).

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada tenaga kerja hutan yang selama ini menjadi mitra kerja dalam pengelolaan sumber daya hutan di Perhutani . Sembako merupakan wujud kepedulian Perhutani terhadap pekerja hutan di wilayah KPH Kedu Selatan dalam menyambut Lebaran dan mengurangi dampak Covid 19. “Semoga dengan doa para pekerja semua produksi menjadi lancar, tepat waktu dan melampaui target,” ucapnya.

Selain bingkisan sembako, sebelumnya Perhutani KPH Kedu Selatan juga membagikan sekitar 8.000 masker kepada tenaga kerja kehutanan dan karyawan sebagai dukungan dan antisipasi mencegah pandemi covid 19. Salah seorang penyadap getah dari RPH Loano, Bitun mengaku sangat senang atas perhatian Perhutani. Perhutani diharapkan juga selalu melibatkan mereka sebagai tenaga kerja di lapangan. "Adanya kegiatan menyadap besar dampaknya dalam menambah penghasilan masyarakat desa,” kata Bitun.(Baca juga : Perhutani Surakarta Bagikan 1.041 Bingkisan Lebaran untuk Mitra Kerja )

Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Selatan merupakan bagian dari Perum Perhutani yang wilayah pengelolaan hutannya secara administratif tersebar di 5 Kabupaten. Yakni Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara dan Banyumas dengan mencakup 267 desa hutan. Dalam pengelolaannya membuka akses kepada masyarakat desa hutan untuk turut terlibat dalam pengelolaan sumberdaya hutan. Antara lain kegiatan produksi, pengelolaan lahan di bawah tegakan dan jasa lingkungan.

Seperti wisata alam melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang telah berbadan hukum. Tentu saja dengan tidak melupakan kaidah–kaidah kelestarian hutan serta turut menjaga eksistensi keberadaan hutan. Harmonisasi Perhutani dengan masyarakat adalah peran Perhutani dalam mendukung sistem kelestarian lingkungan, sistem sosial budaya dan sistem perekonomian masyarakat perhutanan based of sustainable forest management.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)