Gempa M3.4 Guncang Kendal, Warga Diminta Tenang

Selasa, 25 Mei 2021 - 11:01 WIB
loading...
Gempa M3.4 Guncang Kendal, Warga Diminta Tenang
Ilustrasi/Dok
A A A
KENDAL - Gempa bumi dengan magnitudo 3.4 mengguncang Kendal , Jawa Tengah. Warga diminta tenang dan tak mudah percaya dengan informasi yang tak dapat dipertanggungjawabkan.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, gempa terjadi pada Selasa (25/5/2021) pukul 09.10.54 WIB. Gempa bumi tektonik ini mengguncang wilayah Kabupaten Kendal dan sekitarnya.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.66 LS dan 109,94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah Barat Daya Weleri-Kendal, Provinsi Jawa Tengah pada kedalaman 5 km," terangnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas di sesar Weleri.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (Oblique Fault).

Baca juga: Diduga Akibat Korsleting Listrik, 7 Rumah Warga Temanggung Ludes Terbakar

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Plantungan,Sukorejo III MMI. di Kecamatan Bawang Kabupaten Batang III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," tambah dia.

Baca juga: Dukung Keamanan Warga Dari Gangguan Teroris KKB, Pasukan Tempur Kostrad Diberangkatkan ke Papua

"Kepada masyarakat diimbau tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan retak atau rusak diakibatkan gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)