Ditreskrimsus Poda Metro Jaya Gencarkan Swab Antigen Kepada Pemudik di Kalibata

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:20 WIB
loading...
Ditreskrimsus Poda Metro Jaya Gencarkan Swab Antigen Kepada Pemudik di Kalibata
Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis memantau Pos Swab Antigen di SDN Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (18/5/2021). Foto Sindonews
A A A
JAKARTA - Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Selain mendirikan Kampung Tangguh, petugas juga melakukan swab antigen kepada warga yang baru pulang dari kampung halaman alias mudik Lebaran.

Baca Juga:Test Antigen, 2 Penumpang Bus di Terminal Pulogebang Reaktif Covid-19

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis mengungkapkan, upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut himbauan pemerintah dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melakukan screening warga yang pulang mudik.

"Testing dengan cara swab antigen kepada warga yang baru kembali ke Jakarta untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terpapar Covid-19 atau tidak,” kata Auliansyah di Pos Swab Antigen di SDN Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga:Cegah Klaster Usai Lebaran, Pemkot Tangerang Siapkan Tes Covid-19 Gratis

Auliansyah mengatakan, jemput bola dengan melakukan swab antigen kepada warga ini juga bagian dari upaya meminimalisir lonjakan kasus baru Covid-19 usai libur Lebaran. Menurutnya, sebanyak lima Kecamatan masuk dalam program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) dilakukan pengawasan langsung oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya, yakni Kecamatan Pancoran, Lenteng Agung, Pesanggrahan dan Jagakarsa.

“Kita lakukan di setiap KTJ kita lakukan swab seperti ini kegiatan seperti ini. Gratis, tidak dipungut biaya apapun,” tekan Auliansyah.

Dari pemantauan, sebanyak 50 hingga 70 warga yang mudik telah dilakukan swab antigen. Hasilnya, belum ditemukan ada warga pulang mudik reaktif Covid-19. “Dari jumlah itu kami belum dapat laporan yang positif,” ungkap Auliansyah. Lulusan Akpol 1994 ini menambahkan, warga yang pulang mudik ada yang juga menyertakan surat bebas Covid-19 sekembalinya dari kampung ke Jakarta.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)