2 Pemudik Ketahuan Positif COVID-19 Saat Jalani Rapid Tes Antigen di Pos Penyekatan

Rabu, 12 Mei 2021 - 20:03 WIB
loading...
2 Pemudik Ketahuan Positif COVID-19 Saat Jalani Rapid Tes Antigen di Pos Penyekatan
Petugas Dinas Kesehatan KBB, melakukan rapid tes antigen ke pemudik yang kedapatan melintas di pos penyekatan Padalarang. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG BARAT - Petugas pos penyekatan mudik di Kabupaten Bandung Barat (KBB), mendapati dua pemudik asal Sukabumi, dan Jakarta, yang positif COVID-19. Keduanya dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani rapid tes antigen.



Mereka dihentikan di pos penyekatan Cikole, Lembang, dan pos simpang Padaladang, pada Selasa (11/5/2021). Rencananya kedua pemudik itu akan pulang ke rumahnya di Kota Bandung.



" Pemudik dari Jakarta, diketahui posotif COVID-19 usai rapid tes antigen di pos penyekatan Cikole, sedangkan pemudik dari Kota Sukabumi, ketahuannya di pos penyekatan Padalarang," tutur Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinkes KBB, Wishnu Pramulo Adi, Rabu (12/5/2021).



Tindakan yang dilakukan oleh petugas, kata dia, adalah memerintahkan pemudik dari Kota Sukabumi untuk kembali lagi (putar balik). Sedangkan untuk pemudik dari Jakarta langsung diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Kota Bandung.

Dia menjelaskan pemudik asal Jakarta datang satu keluarga yang terdiri dari empat orang menggunakan mobil pribadi. Mereka menginap di salah satu hotel di Kota Bandung. Saat hendak berwisata di Lembang, kendaraan mereka terjaring pos penyekatan di Cikole.



Yang bersangkutan, sebenarnya sudah memesan hotel di sekitar Lembang untuk wisata. Tapi disarankan untuk pulang balik ke Jakarta. Namun pemudik itu memilih untuk menjalani isolasi di Hotel Mercure Kota Bandung. "Kami langsung koordinasi dengan Dinkes Kota Bandung dan pihak hotel, bahwa ada satu orang yang sedang menjalani isolasi di wilayah mereka di sebuah hotel," tuturnya.

Secara keseluruhan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan acak terhadap 168 pemudik sejak tanggal 6 Mei 2021 hingga 11 Mei 2021. Ratusan tenaga kesehatan telah diterjunkan untuk melakukan tes. "Ketika ada pemudik yang positif kita minta putar balik. Tapi jalau mereka mau isolasi, sudah disiapkan di Diklat Lembang milik BKPSDM KBB dan asrama rima motor di Padalarang," ujarnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4731 seconds (0.1#10.140)