H-2 Lebaran, Bobby Nasution dan Kahiyang Tinjau Pasar Pastikan Kebutuhan Pokok Terkendali

Selasa, 11 Mei 2021 - 17:05 WIB
loading...
H-2 Lebaran, Bobby Nasution dan Kahiyang Tinjau Pasar Pastikan Kebutuhan Pokok Terkendali
Dua hari mendekati Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu meninjau pasar tradisionil dan modern di Kota Medan, Senin (10/5/2021).
A A A
MEDAN - Dua hari mendekati Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan Kahiyang Ayu meninjau pasar tradisional dan modern di Kota Medan, Senin (10/5/2021).

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan stok dan harga bahan kebutuhan pokok aman. Dengan demikian, masyarakat terutama umat muslim di Kota Medan merasa tenang dan nyaman untuk merayakan hari penuh kemenangan tersebut.

Berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan, stok bahan kebutuhan pokok, relatif aman. Sedangkan harga, meski terjadi kenaikan pada beberapa komoditi seperti bawang merah dan daging sapi. Namun kenaikannya tidak terlalu signifikan. Guna mengantisipasi terjadinya penimbunan bahan kebutuhan pokok, Pemeritah Kota (Pemko) Medan menurunkan secara rutin Tim Satgas Pangan untuk melakukan pengawasan.

Pasar Petisah yang pertama kali dikunjungi Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Keduanya langsung memasuki basement didampingi Kadis Perdagangan Kota Medan Dammikrot dan Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis. Mereka mendatangi los ikan, salah satunya UD Samosir yang menjual aneka ikan basah.



Berdasarkan pengakuan pedagang, harga ikan basah tidak mengalami kenaikan. Di tempat itu, Bobby Nasution sempat membeli 2 kilogram ikan gembung kuring seharga Rp90 ribu di mana harga perkilonya Rp45 ribu.

“Dua hari jelang hari raya, harga ikan basah stabil. Kenaikan biasanya terjadi hanya di malam tahun baru,” kata salah seorang pedagang ikan.

Di los sayuran, Bobby Nasution mendapati harga bawang merah mengalami kenaikan. Walaupun ada yang menjual Rp35 ribu per kilogram, tapi ada beberapa pedagang yang menjualnya dengan harga Rp30 ribu Rp32.000 per kilogram.

Begitu juga dengan harga daging, terjadi kenaikan dari yang biasanya Rp140 ribu per kilo, kini menjadi Rp150 ribu per kilogram. “Walaupun terjadi kenaikan di dua komoditi ini, namun kenaikannya tidak terlalu signifikan,” ujarnya.
H-2 Lebaran, Bobby Nasution dan Kahiyang Tinjau Pasar Pastikan Kebutuhan Pokok Terkendali

Bobby sempat membeli 2 kilogram cabai merah dengan harga per kilonya Rp28 ribu. Kemudian membeli 30 butir telur, di mana harga per butirnya Rp1.200. Lalu, membeli bumbu rendang 2 kilogram seharga Rp20 ribu, daging sapi 1 kilogram, kentang 2 kilogram seharga Rp24 ribu, serta jagung pulut kupas Rp15.000 per kilogram.

Kehadiran Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu mendapat apresiasi dari pengunjung maupun pedagang. Apalagi, keduanya dengan ramah menyapa dan berinteraksi dengan pengunjung maupun pedagang. Bobby Nasution juga sering menanyakan apa yang menjadi keluhan para pedagang maupun pengunjung di Pasar Petisah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)