Aktivitas Kendaraan Arah Kuningan Meningkat, Ini Penjelasan Polisi

Senin, 10 Mei 2021 - 23:29 WIB
loading...
Aktivitas Kendaraan Arah Kuningan Meningkat, Ini Penjelasan Polisi
Aktivitas lalu lintas di Pos Pengamanan Lebaran pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mengalami peningkatan volume kendaraan baik dari arah Cirebon-Kuningan maupun sebaliknya. Foto SINDOnews
A A A
KUNINGAN - Aktivitas lalu lintas di Pos Pengamanan Lebaran pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mengalami peningkatan volume kendaraan baik dari arah Cirebon-Kuningan maupun sebaliknya. Kendaraan yang melintas cenderung didominasi oleh kendaraan plat E Cirebon maupun E Kuningan.

Tak jarang dijumpai juga plat luar daerah seperti plat B dan D. Meningkatnya arus kendaraan di wilayah Kuningan, kata Perwira Pengendali (Padal) pos pengamanan lebaran Patung Tugu Ikan Sampora, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan Ipda Farikin kemungkinan karena masyarakat lebih awal mudik sebelum tanggal 6 Mei 2021.

"Ramai (di Kuningan) memang mungkin ya banyak yang curi start duluan dari tanggal 22 April sampai 5 Mei ya, jadi aktivitas lalu lintas ramai," kata Ipda Farikin ketika ditemui MNC Portal, Senin (10/5/2021) petang.

Pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah ini, kata Farikin, memang cenderung meningkat, baik dari arah Kuningan ke Cirebon maupun dari Cirebon ke Kuningan. Peningkatan itu terutama menjelang sore hari. "Memang untuk pada H-2 ini aktivitas kendaraan Cirebon ke Kuningan pada sore tadi mengalami peningkatan, yang Kuningan ke Cirebon juga meningkat," kata Ipda Farikin

Karena aktivitas lalu lintas yang didominasi plat E cenderung meningkat, pihaknya tetap elakukan pengetatan dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap pengemudinya. "Surat-surat seperti KTP, berkas izin dari perusahaan, dan hasil swab saja, itu yang rutin kami periksa," jelas dia.

Pihaknya, lanjut Kasatlantas Polsek Cilimus ini, juga telah melakukan penindakan terhadap satu kendaraan plat B, karena tidak memiliki berkas-berkas seperti hasil swab dan bebas COVID-19. "Satu tadi kita putar balikan karena pengemudi tidak bisa menjukan hasil swab dan bebas COVID-19. Dia sendiri, tidak ada penumpangnya," kata dia.

Ipda Farikin pun mengimbau agar, masyarakat khususnya yang termasuk wilayah algomerasi yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah. "Harus tetap menerapkan prokes, terutama memakai masker, menjaga jarak," jelas dia.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4506 seconds (0.1#10.140)