Hari ke-3 Larangan Mudik, Bandara Juanda Sepi Maskapai Batalkan Penerbangan

Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:09 WIB
loading...
Hari ke-3 Larangan Mudik, Bandara Juanda Sepi Maskapai Batalkan Penerbangan
Hari ketiga larangan mudik, Bandara Juanda makin sepi, sejumlah maskapai membatalkan penerbangan. Foto/Ilustrasi
A A A
SIDOARJO - Pemberlakuan larangan mudik lebaran oleh pemerintah, yang telah memasuki hari ketiga. Berdampak besar terhadap penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo.



Bandara tersebut kini nampak semakin lengang, hingga sejumlah maskapai memilih untuk membatalkan penerbangan . Dari sejumlah pesawat yang berangkat, rata-rata hanya terisi 2-5 penumpang khusus yang diizinkan terbang sesuai aturan pemerintah.



Jika sebelumnya pada setiap hari Sabtu, Bandara Juanda selalu tampak ramai oleh aktivitas calon penumpang. Namun, kini lebih lengang seiring pemberlakuan aturan larangan mudik dari pemerintah.



Penumpang harus melengkapi diri dengan dokumen perjalanan yang ditentukan pemerintah, seperti adanya surat tugas dari perusahaan serta surat sehat bebas COVID-19 melalui surat hasil rapid tes antigen atau swab.

Sementara dari sejumlah rute penerbangan yang ada, hanya penerbangan tujuan Jakarta saja yang masih buka dan dilayani di Bandara Juanda. Sementara untuk rute penerbangan lain, masih belum ada karena pihak maskapai membatalkan penerbangan akibat minimnya calon penumpang.



Dari sejumlah calon penumpang yang akan terbang, rata-rata adalah para pekerja yang akan bekerja di Jakarta atau pulang kerja dari Surabaya, yang dibuktikan dengan surat tugas atau surat keterangan dari perusahaan. "Kerja di Surabaya, dan sekarang mau pulang ke Jakarta," ujar Indah, salah seorang calon penumpang.

Sementara itu, meski banyak maskapai yang membatalkan penerbangan disaat aturan larangan mudik ini berlangsung, namun operasional Bandara Juanda Surabaya, tetap dibuka. Pihak PT Angkasa Pura (AP) 1 Surabaya, membuka operasional Bandara Juanda mulai pukul 06.00 WIB, dan ditutup pukul 18.00 WIB.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)