Pemda KBB Berikan Bantuan Hibah ke MUI Kabupaten, Kecamatan, dan Desa

Jum'at, 07 Mei 2021 - 15:42 WIB
loading...
Pemda KBB Berikan Bantuan Hibah ke MUI Kabupaten, Kecamatan, dan Desa
Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan ketika secara simbolis memberikan bantuan hibah kepada Ketua MUI KBB, M Ridwan di kompleks Pemda KBB, Kamis (6/4/2021). Foto/Humas KBB
A A A
KABUPATEN BANDUNG BARAT - Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) kembali memberikan Dana Bantuan Operasional (DBO) atau hibah kepada para pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) kecamatan dan desa se-Kabupaten Bandung Barat.

Sebelumnya selama dua tahun berturut-turut atau sejak 2019 hibah ini tidak ada. Baru tahun ini kembali diberikan kepada pengurus MUI.

Besaran hibah yang diberikan untuk MUI se-KBB mencapai Rp3,5 miliar. Di antaranya untuk MUI kabupaten sebesar Rp350 juta, MUI kecamatan masing-masing Rp25 juta, untuk MUI desa masing-masing Rp15 juta dan untuk DKM Masjid Agung Ash-Shiddiq sebesar Rp275 Juta.

Mewakili para ketua MUI kecamatan dan desa, Ketua MUI Kabupaten Bandung Barat M Ridwan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemda KBB.

"Sudah cukup lama kami tidak menerima bantuan dari pemda, setidaknya selama 2 tahun terakhir. Alhamdulillah tahun ini ada lagi," ucapnya ketika ditemui setelah penyerahan simbolis DBO MUI se-KBB, Kamis (6/4/2021).

Menurutnya, MUI KBB bekerja semata-mata karena cinta kepada Tuhan serta sebagai bentuk cinta kepada negara. Ada ataupun tidak dana bantuan yang diberikan, pihaknya akan tetap bekerja dan memanfaatkan peluang sebagai ladang amal kebaikan.

"Kami doakan agar seluruh jajaran Pemda KBB bisa lebih baik dan lebih maju lagi dimasa yang akan datang," ujarnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda KBB, Asep Hidayatulloh membenarkan bahwa bantuan hibah untuk MUI kecamatan dan desa se-KBB sempat tidak ada selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Namun untuk operasional MUI kabupaten tetap ada setiap tahunnya. Hanya saja besarannya disesuaikan dengan kondisi keuangan pemda.

"Dibanding 2018, DBO MUI kecamatan dan desa mengalami peningkatan. Untuk MUI kecamatan masing-masing mendapatkan Rp25 juta dari Rp15 juta pada 2018, MUI desa mendapatkan Rp15 Juta atau bertambah sebesar Rp3 juta dari sebelumnya. Termasuk hibah untuk operasional DKM Masjid Agung Ash-Shiddiq sebesar Rp275 juta," katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan berharap dengan diberikannya hibah ini dapat mempererat sinergitas kedua belah pihak melalui dukungan yang diberikan sebagai support dari pemda kepada MUI.

Dia juga memohon doa dan dukungan dari para tokoh agama agar dapat menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat. Sehingga KBB bisa bangkit dari kondisi yang tidak mudah ini.

"Saya memohon doa dari para kyai dan seluruh tokoh agama untuk mengetuk pintu langit agar KBB bisa lebih baik dan semakin berkah di masa yang akan datang," ujarnya. Advetorial
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)