Pasaman Barat Gempar, Macan Dahan Masuk Rumah Warga

Rabu, 28 April 2021 - 23:07 WIB
loading...
Pasaman Barat Gempar, Macan Dahan Masuk Rumah Warga
Seekor satwa langka dan dilindungi jenis Macan Dahan (neofelis diardi diardi), setelah berhasil dievakuasi dari rumah warga. Rabu (28/4/2021). Foto: Istimewa
A A A
PASAMAN BARAT - Warga Rimbo Batu Jorong Koto Padang Nagari Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat, Sumatera Barat ( Sumbar ) digemparkan dengan munculnya seekor satwa langka dan dilindungi jenis Macan Dahan (neofelis diardi diardi) , Rabu (28/4/2021).

Bahkan, satwa langka dan dilindungi itu masuk ke rumah dahan tersebut masuk rumah milik Unan (34) sekitar pukul 12.30 WIB, dan langsung masuk ke kamar mandi.

Unan (34) pemilik rumah pun kaget bercampur panik dan langsung melaporkannya ke Puskeswan Kinali yang kemudian diteruskan kepada BKSDA Resor Agam.

Pasaman Barat Gempar, Macan Dahan Masuk Rumah Warga



“Awalnya keluarga Unan menyangka satwa tersebut adalah harimau sumatera. Kemudian dilaporkan Unan kepada petugas Puskeswan Kinali yang selanjutnya diteruskan kepada BKSDA Resor Agam,” kata Kepala BKSDA Resor Agam Ade Putra, Rabu (28/4/2021).

Tim BKSDA datang ke lokasi langsung melaksanakan evakuasi satwa dari dalam kamar mandi. “Butuh waktu tiga jam tim BKSDA bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Kinali dan warga untuk dapat menggiring satwa dilindungi itu ke kandang yang sudah disiapkan,” katanya.

Ade menambahkan, satwa diduga masuk ke rumah warga setelah berkelahi dengan macan lain kemudian terjebak di dalam kamar mandi.

Pasaman Barat Gempar, Macan Dahan Masuk Rumah Warga



“Hasil identifikasi lapangan, satwa diduga berasal dari kawasan hutan lindung di kaki Gunung Pasaman yang berjarak 700 meter dari lokasi kejadian. Evakuasi disaksikan puluhan warga yang ingin melihat satwa langka itu, sehingga petugas terpaksa membubarkan warga untuk memperlancar aktivitas evakuasi,” ujarnya.

Kemudian kata Ade, satwa tersebut dibawa tim BKSDA ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)