Anak Binaan LPKA Kelas II Maros Ikuti Ujian Program Paket C dan B

Kamis, 22 April 2021 - 14:48 WIB
loading...
Anak Binaan LPKA Kelas II Maros Ikuti Ujian Program Paket C dan B
Narapidana anak penghuni LPKA Kelas II A Maros mengikuti rogram kesetaraan paket B dan C. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Sejumlah narapidana anak penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II A Maros, mengikuti ujian program kesetaraan paket B dan C. Ujian digelar di aula LPKA Kelas II A Maros .

Kepala LPKA Kelas II A Maros , Tubagus Chaidir menuturkan, ujian program kesetaraan paket B dan C ini mulai dilaksanakan sejak beberapa hari lalu. Kegiatan ini merupakan program kerja sama LPKA Kelas II A dengan Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Maros.



Pemberian ujian paket C ini kata dia merupakan implementasi amanah UUD 1945 dan UU Pemasyarakatan terkait pemenuhan hak pendidikan bagi setiap warga negara, termasuk narapidana.

"Pelaksanaan ujian kesetaraan paket C dan B dipantau langsung oleh Sanggar Kegiatan Belajar. Di lapas ini kami memberikan hak-hak anak. Walaupun mereka berada di dalam jeruji, tapi pendidikan mereka tetap berjalan. Makanya kami mengikutkan mereka untuk mengikuti program paket C dan B ini," kata Tubagus.

"Semoga mereka yang putus sekolah karena tindak kriminal, minimal bisa melanjutkan belajar dan mendapat ijazah SMP, maupun SMA. Ini juga bagian dari upaya kami memenuhi hak pendidikan bagi narapidana," sambung Tubagus kepada wartawan.



Dia menuturkan, dari 20 anak binaan di LPKA Kelas II Maros yang bisa mengikuti ujian paket C dan B, hanya 9 orang yang lolos berkas. Tubagus menjelaskan, program ini meliputi kejar paket B untuk mereka yang tak lulus SMP, dan kejar paket C yang tidak lulus SMA.

Menurut Tubagus, program dan kurikulum pembelajaran yang diberikan hampir sama dengan jalur pendidikan formal. Untuk paket B, ada enam mata pelajaran pokok dan paket C ada tujuh mata pelajaran pokok yang harus diikuti oleh semua narapidana peserta.



Tubagus menjelaskan, dalam pelaksanaan ujian, setiap anak binaan LPKA wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tetap memakai masker. Para anak binaan diimbau untuk tetap tertib dalam melaksanakan ujian kesetaraan. Tak hanya itu, selama pelaksanaan ujian paket C, mereka juga diharuskan mengenakan seragam.

"Sama seperti ujian pada umumnya, mereka juga mengenakan pakaian seragam. Hanya saja mereka tidak mengenakan pakaian seragam sekolah pada umumnya. Tapi mereka mengenakan pakaian seragam khusus anak binaan LPKA Maros ," tutupnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3288 seconds (0.1#10.140)