Ketokohan dan Karya Kartini Harus Menginspirasi Perempuan di Jayapura

Kamis, 22 April 2021 - 11:05 WIB
loading...
Ketokohan dan Karya Kartini Harus Menginspirasi Perempuan di Jayapura
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengharapkan kaum perempuan Kabupaten Jayapura dapat mengambil inspirasi dari ketokohan dan karya-karya tokoh emansipasi wanita di Indonesia, R. A. Kartini.
A A A
SENTANI - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw sangat mengharapkan kaum perempuan zaman sekarang di Kabupaten Jayapura dapat mengambil inspirasi dari ketokohan dan karya-karya dari tokoh emansipasi wanita di Indonesia, R. A. Kartini.

"Perempuan di Kabupaten Jayapura dapat memberikan kontribusi di berbagai bidang bagi bangsa dan negara. Karena sejatinya setiap perempuan bisa dan mampu menjadi Kartini dengan cara dan upaya masing-masing. Selain itu, dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Papua," katanya usai menghadiri Peringatan Hari Kartini ke-142, di Kota Sentani, Rabu (21/4/2021).

Bupati Mathius menuturkan, Kartini adalah seorang perempuan yang lahir dan tumbuh di lingkungan adat yang kuat. "Hal tersebut harus menjadi motivasi tersendiri bagi kaum perempuan yang ada di daerah ini. Sebab, Kabupaten Jayapura merupakan satu-satunya daerah atau kabupaten di Papua yang dalam kebijakan daerahnya telah memberikan ruang kepada adat untuk mengekspresikan potensi adat, termasuk memberikan ruang kepada kaum perempuan untuk mengabdikan diri pada semjumlah jabatan strategis di daerah ini," katanya.

Hari Kartini selalu diperingati, kata Mathius, untuk melihat kedudukan perempuan di keluarga, komunitas, dan masyarakat, juga mengenang R. A. Kartini yang menginginkan perempuan harus memiliki kemandirian ekonomi.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jayapura, Magdalena Luturmas Awoitauw, mengatakan peringatan Hari Kartini harus jadi momentum bagi perempuan di Jayapura untuk terus bertahan menjadi perempuan-perempuan hebat yang bekerja di kebun, di danau atau di mana saja bekerja demi mencukupkan kebutuhan suami dan anak-anak.

“Jangan kita rayakan Hari Kartini hanya sebatas seremonial saja, tapi itu kita harus merenungkan dalam hati kita bagaimana ke depan kita menghadapi tantangan yang ada dan terus mengerjakan program-program yang diturunkan oleh pemerintah bagi setiap organisasi perempuan di daerah ini,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jayapura tersebut.

Hari Kartini, kata Magdalena, dapat dijadikan motivasi dan pelita yang tak pernah padam dan selalu bersinar bagi seluruh kaum perempuan dalam meningkatkan pendidikan dan kecerdasan, serta emansipasi di berbagi bidang. (CM)
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)