Pandemi Covid-19, Menag Imbau Masjid dan Musala Tetap Gaungkan Takbir

Kamis, 21 Mei 2020 - 14:33 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, Menag Imbau Masjid dan Musala Tetap Gaungkan Takbir
Masjid Al Akbar Surabaya, Jatim. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Demi mencegah penularan Covid-19, semua pihak untuk tidak melakukan takbir keliling saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Menteri Agama Fachrul Razi meminta Pengurus masjid menggaungkan takbir dengan pengeras suara.

"Kemudian yang biasanya kita lakukan takbir keliling, sebaiknya tidak usah. Dan saya sarankan tetap takbir di rumah saja," Fachrul dalam video conference bersama dengan BNPB, Kamis (21/5/2020).

Dan, untuk menambah kegembiraan menyambut Hari Raya Idul Fitri, Fachrul meminta pihak masjid dan musala untuk menyuarakan takbir melalui pengeras suara. "Saya berharap juga masjid-masjid, musala-musala bisa menggaungkan takbir ini melalui loud speaker-nya hingga betul-betul kegembiraan menyambut Hari Raya idul Fitri itu tidak hilang," harapnya.

Tidak hanya itu, Fachrul juga mengimbau keras supaya Salat Idul Fitri dilakukan di rumah saja bersama keluarga inti. Meski Salat Idul Fitri hukumnya sunnah muakad, yang perlu digarisbawahi sunnah muakad sangat dianjurkan untuk dikerjakan. "Rasulullah SAW melakukan Salat Idul Fitri dan tidak pernah meninggalkan Salat Idul Fitri. Oleh karena itu sebaiknya Salat Idul Fitri kita lakukan tapi di rumah saja bersama keluarga inti, bisa secara perorangan bisa cara berjamaah," ujarnya. (Baca juga: Pandemi Corona, Menag Imbau Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah ).

Untuk berjamaah, Fachrul menyebut menurut para pendapat ulama, Salat Idul Fitri di rumah agar dilakukan empat orang. Satu bertugas sebagai imam dan tiga lainnya sebagai makmum. "Caranya juga mudah dapat dilakukan seperti salat sunnah biasa, dua rakaat, bisa juga dilakukan seperti Salat Idul Fitri yang sesungguhnya, rakaat pertama dengan tujuh takbir, rakaat kedua dengan lima takbir. Kemudian meskipun tidak wajib tapi bisa ditambah dengan khotbah. Jadi kembali sangat sederhana sekali."
(nfl)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1944 seconds (11.97#12.26)