PVMBG: Suara Dentuman Misterius di Bandung Bukan karena Aktivitas Vulkanik

Kamis, 21 Mei 2020 - 14:18 WIB
loading...
PVMBG: Suara Dentuman Misterius di Bandung Bukan karena Aktivitas Vulkanik
PVMBG: Suara Dentuman Misterius di Bandung Bukan karena Aktivitas Vulkanik
A A A
BANDUNG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), memastikan suara dentuman yang terdengar di wilayah Bandung Raya pada Kamis (21/5/2020) antara pukul 08.00-09.00 WIB, bukan akibat aktivitas vulkanik.

Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan mengatakan sejauh ini tidak ada laporan tanda-tanda erupsi dari sejumlah pos-pos gunung api di wilayah Bandung Raya. "Di sekitar Kota Bandung tidak ada laporan erupsi (letusan gunung api). Jadi sumber dentuman bukan berasal dari erupsi gunung api," katanya saat dihubungi di Bandung, Kamis (21/5/2020).

Seperti diberitakan, sebagian masyarakat Bandung Raya, dikejutkan oleh suara dentuman cukup keras pada Kamis (21/5/2020) pagi. Suara dentuman yang terdengar beberapa kali oleh warga terjadi sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

"Infonya, sempat kedengaran di wilayah Moh Toha, Buahbatu, Astanaanyar, dan Kopo," kata Akbar, seorang warga, melalui pesan singkat. (Baca juga; Warga Bandung Heboh Dengar Suara Dentuman Misterius di Pagi Hari )

Selain di wilayah Kota Bandung, suara dentuman misterius tersebut juga dikabarkan terdengar hingga wilayah Kabupaten Bandung, dari Kecamatan Katapang, Baleendah, Banjaran, Majalaya, Soreang, hingga Ciwidey.

"Di Rancamanya, Baleendah juga kedengaran. tapi suaranya agak kecil, suara dari arah Lapangan Tembak AU (Lanud Sulaeman)," kata Septian, warga Rancamanyar.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya menanggapi suara dentuman misterius tersebut. Tony mengatakan saat ini masih diperlukan analisa untuk mengetahui asal usul sumber suara tersebut. "Perlu dianalisa penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," kata Tony saat dikonfirmasi melalui ponsel.

Tony mengemukakan, hari ini sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB, tidak ada kejadian gempa. Untuk cuaca pun, Bandung Raya pada pagi hari hingga Jam 10.00 WIB, cerah berawan, tidak ada hujan. "Juga tidak ada kejadian petir mulai pukul 08.30 WIB sampai 10.00 WIB," ujar Tony.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)