Jelang Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Waspadai Potensi Kebakaran

loading...
Jelang Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Waspadai Potensi Kebakaran
ilustrasi
BANDUNG - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) meminta masyarakat mewaspadai potensi bencana seperti kebakaran akibat masuknya musim pancaroba jelang musim kemarau.

Menurut Kepala Seksi Tanggap Darurat dan Logistik Diskar PB Kota Bandung, Roby Darwan, musim kemarau warga diimbau untuk lebih sering mengecek instalasi listrik di rumahnya. Terlebih jika rumah mereka terbuat dari bahan yang mudah terbakar, seperti kayu.

"Karena ketika kayu yang kering terkena percikan listrik itu apinya bisa cepat tinggi. Jadi jangan lupa sering mengecek terutama aliran listrik, karena dari kasus kebakaran yang kami terima itu sering terjadi karena konsleting listrik," ujar Roby.

Baca juga: Akal Cerdik Pemudik Hindari Cegatan Polisi, Rela Naik Motor dan Tinggalkan Pekerjaan demi Rindu

Terkait antisipasi bencana kebakaran, pihaknya selalu sosialisasi dengan kewilayahan. Serta memiliki satuan karya yang beranggotakan di setiap kewilayahan dan mereka turut serta menyosialisasikan kepada masyarakat.



"Dalam penanggulangan bencana kami sudah siap, baik dari segi alat maupun SDM. Peralatan kami sudah mumpuni di saat terjadi hujan deras dan angin kencang," ungkap Roby Darwan.

Baca juga: Asyik Bercumbu dan Telanjang di Kamar Hotel, Tiga Pasangan Bukan Suami Istri Digerebek

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan warga saat memasuki masa pancaroba. Di antaranya yaitu warga harus mampu mengenali dan menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

"Misalnya sering banjir. Mereka harus sudah mulai bisa mitigasi untuk keluarganya dan warganya, sehingga banjir itu tidak menyebabkan kerugian bagi mereka," terangnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top