Senja Kala Lasmi, Sang Ledek Legendaris Dari Pesisir Utara

Rabu, 21 April 2021 - 09:36 WIB
loading...
Senja Kala Lasmi, Sang Ledek Legendaris Dari Pesisir Utara
Ledek legendaris asal Desa kropak, Kecamatan Wirosasi, Kabupaten Grobogkan, Jawa Tengah, Lasmi, mengisi hari tuanya di rumah sederhana dengan kondisi memprihatinkan. Foto/iNews TV/Rustaman Nusantara
A A A
GROBOGAN - Suara geding-gending Jawa , masih terdengar mengalun menghanyutkan dari pengeras suara tua yang sederhana. Terkadang suaranya tak nyaring lagi, namun tetap dipaksakan untuk mengiringi tarian Tayub .



Tak lagi ada gemerlap lampu panggung dan sorak-sorai penonton, serta laki-laki yang berebut mendapatkan sampur dari tangan lembutnya. Namun, Lasmi tetap saja menggerakkan tangan , pinggul, dan mata dengan lirikan penuh goda.



Pancaran pesonanya memang mulai memudar, seiring waktu yang menggiringnya pada senja kala. Tapi, Lasmi masih terus bergerak menarikan Tayub dengan gemulai, meski panggungnya telah usai.



Beberapa puluh tahun lalu, siapa yang tidak mengenal Lasmi. Penari Tayub atau yang akrab disebut Ledek oleh masyarakat Jawa tersebut, selalu menghiasi panggung-panggung. Kehadirannya banyak dinantikan.

Nama Lasmi tak hanya terdengar santer di tanah kelahirannya Desa Kropak, Kecamatan Wirosasi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Lasmi moncer di kancah panggung nasional hingga internasional.

Senja Kala Lasmi, Sang Ledek Legendaris Dari Pesisir Utara


Hidup bergelimang kemewahan, pastinya dirasakan Lasmi di masa kejayaannya . Namun, kondisi itu berbalik kini. Karirnya mulai redup setelah ia gagal menjalani suntik silicon pada hidung dan janggutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)