Usai Diterjang Badai Seroja, Warga NTT Digemparkan Munculnya Pulau Baru di Rote

Kamis, 15 April 2021 - 15:14 WIB
loading...
Usai Diterjang Badai Seroja, Warga NTT Digemparkan Munculnya Pulau Baru di Rote
Sebuah pulau muncul di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) pasca badai seroja. Foto/iNews TV/Eman Suni
A A A
KUPANG - Sebuah tayangan video amatir berdurasi sekitar tujuh menit, menggemparkan warga Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam video amatir tersebut, warga menunjukkan munculnya pulau baru di wilayah Kabupaten Rote Ndao, pasca terjadinya badai seroja .



Pulau baru tersebut berada di wilayah Kecamatan Loaholu. Pulau itu muncul dengan berbentuk memanjang, berupa gundukan pasir dan batu karang dengan panjang sekitar 50 meter, serta lebarnya sekitar 15 meter.



Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT, Marius Ardu Jelamu membenarkan adanya peritiwa kemunculan pulau baru pasca badai seroja . " Pulau baru ini ada di wilayah Dusun Sai, Desa Tolama, Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao," tuturnya.



Untuk memastikan fenomena pembentukan pulau tersebut, dia berharap ada ilmuan yang melakukan penelitian dan kanjian ilmiah terkait terbentuknya pulau baru pasca adanya badai seroja .

Belum diketahui persis penyebab terbentuknya pulau baru tersebut. Namun warga setempat telah memberi nama pulau baru itu sebagai Pulau Paskah, karena baru muncul saat Hari Raya Minggu Paskah, dan bersamaan dengan peristiwa badai siklon seroja menyerang hampir seluruh wilayah NTT.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4008 seconds (0.1#10.140)