Viral Salat Kilat, MUI: Tarawih Itu Santai Bukan Terburu-buru

Rabu, 14 April 2021 - 04:16 WIB
loading...
Viral Salat Kilat, MUI: Tarawih Itu Santai Bukan Terburu-buru
Tiga orang anak-anak, dua pria sebagai makmum dan satu orang sebagai Imam memperagakan gerakan mirip salat.Foto/Tangkapan Layar/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jagat media sosial (Medsos) dikejutkan dengan potongan video yang memperlihatkan ibadah Salat Tarawih dengan gerakan super cepat atau kilat. Video berdurasi sembulan detik itu viral di berbagai platform medsos.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis angkat bicara. Dia menyayangkan adanya segelintir masyarakat yang melaksanakan Salat Tarawih dengan tergesa-gesa.

Padahal, sambungnya, Tarawih berasal dari kata tarwih yang berarti istirahat dan jika diartikan lagi, dapat memiliki arti santai. Oleh karenanya, yang dilakukan adalah santai, bukannya terburu-buru.

"Ya memang sebaiknya tidak begitu. Karena tarawih itu artinya kan santai, bukan buru-buru," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa 13 April 2021 malam. Baca juga:Viral Gerakan Mirip Salat Secepat Kilat, MUI: Itu Ibadah Ajaran Agama Apa?

Lebih jauh dia memaparkan, jika Salat Tarawih dilakukan dengan cara kilat seperti itu, maka dikhawatirkan kekhyusukannya berkurang. Bahkan, lebih parahnya lagi, tidak khusyuk sama sekali.

"Sehingga kalau begitu esensi khusyuknya berkurang atau ya mungkin tak khusyuk sama sekali," ucapnya.

Dia pun berharap masyarakat dapat melaksanakan ibadah Salat Tarawih sesuai dengan pedoman yang diajarkan. Adapun salah satu syaratnya adalah tuma'ninah yang berarti diam sejenak setelah gerakan salat sebelumnya.

Menurut dia, bilamana Salat Tarawih dijalankan dengan baik dan benar niscaya akan mendapatkan pahala serta hikmahnya.

"Berharap masyarakat melakukan Salat Tarawih sesuai dengan pedoman salat atau syarat rukun salat di antaranya tuma'ninah. Mudah-mudahan nanti bisa mendapatkan pahala dan hikmah dari tarawih tersebut," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Salat Tarawih kilat itu diduga berlokasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Quraniyah, Kabupaten Indramayu. Video diunggah akun Instagram @duniapunyacerita, Selasa 13 April 2021 malam.

Jamaah menunaikan salat Tarawih dengan lima saf. Pakaian yang dikenakan pun kompak berwarna putih, kopiah dan sarung. Baca juga:Sambil Komat-kamit, Gerakan Mirip Salat Secepat Kilat Viral di Media Sosial

Seorang imam membacakan dengan keras ayat suci Alquran. Dalam potongan video berdurasi sembilan detik itu, surat Al-Fatihah dibaca cepat sehingga tak terdengar jelas.

Karena sholat berlangsung cepat, gerakan para jamaah pun tidak sinkron mengikuti imam Alhasil, gerakan rukuk, iktidal, sujud, hingga salam hanya dalam waktu enam detik. Selepas salam, imam dan para jamaah langsung berdiri dan melanjutkan sholat tarawih.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)