Kaum Milenial Jatim Favoritkan Khofifah, Risma, dan Emil Dardak Jadi Cagub

Senin, 12 April 2021 - 16:26 WIB
loading...
Kaum Milenial Jatim Favoritkan Khofifah, Risma, dan Emil Dardak Jadi Cagub
Surabaya Survey Center (SSC) menggelar rilis hasil survei Gelagat Politik Milenial Jawa Timur di salah satu hotel di Surabaya. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Masa jabatan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak memang masih baru akan berakhir pada 2023 mendatang. Meski demikian beberapa nama sudah santer disebut sebagai favorit untuk Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub mendatang. Hal itu terungkap dari hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC).

Baca Juga: Risma Bertemu Khofifah, Suhu Politik Surabaya Adem

Peneliti senior SSC Surokim Abdussalam mengungkapkan jika Gubernur Jatim Khofifah, Menteri Sosial Tri (Mensos) Tri Rismaharini (Risma), dan Wagub sekaligus Plt Ketua Partai Demokrat Jatim Emil Dardak menjadi tiga nama yang memuncaki hasil survey. Baik survey top of mind maupun elektabilitas .



"Untuk top of mind , Khofifah berada di puncak klasemen dengan 16,2% Kemudian disusul oleh Risma dan Emil dengan masing-masing 15,5% dan 5,2%. Sementara, nama-nama lain seperti Gus Ipul (Saifullah Yusuf) dan Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno) serta Azwar Anas (mantan Bupati Banyuwangi) perolehannya tidak sampai 5%," papar Rokim, Senin (12/4/2021).



Untuk elektabilitas , Khofifah dominan dengan 26,8%. Diikuti Risma dengan 21,8% lalu Emil dengan 5,7%. Nama-nama lain seperti Saifullah Yusuf, Puti Guntur Soekarno serta Azwar Anas tidak sampai 5%. Meski demikian, Rokim mengatakan jika ceruk di kalangan milenal masih sangat terbuka lebar bagi seluruh nama yang beredar di bursa Cagub.

"Karena di survey top of minda masih ada 55,3% yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Sementara, di survey elektabilitas , 33,8% masih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir mengingat jumlah demografi milenial di Jawa Timur," tambah Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini.

Baca Juga: Duka di Lumajang, Ratusan Rumah Luluhlantak Diterjang Gempa M 6,1

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3%. Tingkat kepercayaan sebesar 95%. Penentuan responden dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)