Makin Kuat, Pertamina Sinergikan Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Keadaan Darurat di Kalimantan

Senin, 12 April 2021 - 15:26 WIB
loading...
Makin Kuat, Pertamina Sinergikan Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Keadaan Darurat di Kalimantan
Penandatanganan nota kesepahaman bersama terkait kesiapsiagaan dan penanggulangan keadaan darurat antara pimpinan Pertamina Group di Kalimantan yang berlangsung di ball room Hotel Blue Sky Balikpapan, Senin, (12/04/2021). Foto: Istimewa
A A A
BALIKPAPAN - Sinergi Pertamina Group di Pulau Kalimantan semakin kuat. Hal ini ditandai dengan adanya penandatangan nota kesepakatan bersama terkait kesiapsiagaan dan penanggulangan keadaan darurat antara pimpinan Pertamina Group di Kalimantan yang berlangsung di ball room Hotel Blue Sky Balikpapan, Senin, (12/04/2021).

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama dilakukan oleh General Manager Pertamina RU V Balikpapan Eko Sunarno, Direktur Pengembangan PT Kilang Pertamina Balikpapan Djoko Koen Soewito, Executive General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Freddy Anwar, General Manager Sub Holding Upstream Regional 3 Zona 8 Agus Amperianto, General Manager Sub Holding Upstream Regional 3 Zona 9 Andri Haribowo serta General Manager Sub Holding Upstream Regional 3 Zona 10 Krisna.



"Kesepakatan bersama ini memiliki tujuan untuk penanggulangan keadaan darurat yang cepat, efektif dan selamat sehingga dapat meminimalkan dampak kerugian baik materiil maupun immateriil di area sekitar operasi," terangGeneral Manager Pertamina RU V Balikpapan Eko Sunarno.

Dia mengatakan bahwa sinergi Pertamina Group di Kalimantan merupakan langkah nyata untuk membangun Pertamina secara keseluruhan. "Kerja sama antara sektor usaha hulu dan hilir migas yang dikelola Pertamina Group semakin menunjukkan sinergi yang terus dibangun dan dikembangkan oleh Pertamina Group. Ini juga merupakan implementasi tata nilai Akhlak khususnya kolaboratif," imbuh Eko.



Eko menjelaskan, penandatangan note kesepakatan bersama ini merupakan salah satu bentuk implementasi penguatan sinergi antar unit bisnis di Pertamina Group. "Sinergi ini tentunya akan membuat kekuatan Pertamina akan semakin solid. Sinergi yang kali ini hendak diwujudkan Pertamina Group adalah kesiapsiagaan dan penanggulangan keadaan darurat," katanya.

“Penerapan HSSE yang ekselen merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Penerapan HSSE Golden Rules di Pertamina Group terus diedukasi, namun kesiapsiagaan merupakan hal yang juga perlu diantisipasi," tambah dia.



Selain kesiapsiagaan terhadap resiko bencana, hal lain yang juga penting menurut Eko adalah berbagi pengetahuan dan juga belajar dari kejadian. "Pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing unit Pertamina di wilayahnya merupakan pengetahuan yang bisa dibagikan dan dipelajari oleh unit lainnya," pungkas dia.

Dalam nota kesepakatan bersama itu, Pertamina Group di Kalimantan sepakat menunjuk PT Pertamina RU V Balikpapan sebagai koordinator Kesepakatan Bersama ini dengan masa tugas sampai dengan Maret 2026.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4017 seconds (0.1#10.140)