Gempa Malang, BPPTKG Sebut Tak Pengaruhi Aktivitas Merapi

Minggu, 11 April 2021 - 06:17 WIB
loading...
Gempa Malang, BPPTKG Sebut Tak Pengaruhi Aktivitas Merapi
Gempa Malang terekam di pos pengamatan BPPTKG. Foto/Twitter BPPTKG
A A A
SLEMAN - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang menguncang barat daya Kabupaten Malang , Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00.15 WIB terasa hingga di DIY.

Termasuk di semua pos pengamatan dan juga terekam di seluruh stasiun Gunung Merapi. Hal tersebut sebagaimana diinformasikan akun twitter resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) @BPPTKG.

Namun, gempa begitu belum terlihat adanya pengaruh terhadap aktivitas vulkanik Merapi. Untuk status masih levei III atau siaga.

“Gempa tanggal 10 April 2021 pukul 14:00:15 WIB terasa di semua Pos Pengamatan dan terekam di seluruh stasiun Merapi. Hingga saat, ini tidak terlihat adanya pengaruh gempa tersebut terhadap aktivitas vulkanik Merapi,” tulis akun twitter @BPPTKG, Sabtu (10/4/2021).

Selain itu di wilayah DIY juga belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. Masyarakat pun diminta tenang dan tidak panik.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Joko Supriyanto mengatakan hingga saat ini belum ada laporan adanya keruskan dampak gempa di Malang.

Baca juga: Gempa Malang Juga Mengagetkan Warga di Sleman

“Tidak ada laporan kerusakan, Sleman masih aman, masyarakat kami minta tetap tenang dan tidak panik,” terangnya.

Baca juga: Korban Gempa Besar Malang, BNPB: 6 Orang Tewas dan 1 Luka Berat

Gempa Malang tersebut dirasakan warga Gemangan, Sinduadi, Mlati, Sleman. Bahkan benda-benda yang menempel dan tergantung di rumah bergerak dan warga ada yang lari keluar rumah.

“Pintu goyang, pigura foto goyang,” kata warga Gemawang, Ismoyo Djati.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)