Dampak Gempa Besar Malang, Ini 6 Titik Lokasi Kerusakan

loading...
Dampak Gempa Besar Malang, Ini 6 Titik Lokasi Kerusakan
Gempa besar dengan kekuatan Magnitudo (M) 6,7 yang mengguncang kawasan Malang mengakibatkan ambruknya sejumlah bangunan di beberapa wilayah. Foto/Ist
MALANG - Gempa besar yang mengguncang kawasan Malang dan sekitarnya dengan kekuatan Magnitudo (M) 6,7 mengakibatkan ambruknya sejumlah bangunan di beberapa wilayah.

Baca juga: Diguncang Gempa Besar, Ini Penampakan Bangunan yang Ambruk di Malang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebut, beberapa bangunan mulai dari rumah warga dan tempat ibadah mengalami kerusakan akibat gempa. Setidaknya ada 6 titik lokasi di mana rumah dan bangunan mengalami kerusakan.

Baca juga: Gempa Besar Guncang Malang, Pengunjung Mall dan Hotel Berhamburan

"Kerusakan sudah ada laporan di Poncokusumo, Wajak, Dampit, Bantur, Donomulyo, hingga Sumbermanjing Wetan, rumah-rumah warga rusak," kata Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, Sabtu (10/4/2021).



Baca juga: Bumi Bergetar, Guncangan Gempa Besar Malang Terasa hingga Bali

Dampak Gempa Besar Malang, Ini 6 Titik Lokasi Kerusakan

Gempa besar yang mengguncang kawasan Malang dan sekitarnya dengan kekuatan Magnitudo (M) 6,7 mengakibatkan ambruknya sejumlah bangunan di beberapa wilayah. Foto/Ist

Namun Sadono menyatakan belum ada data pasti lantaran pendataan kerusakan masih terus dilakukan petugas di lapangan. Termasuk kemungkinan adanya korban luka dan korban jiwa.

"Data pasti terkait jumlah belum ada. Teman-teman masih inventarisir laporan. Begitu pun untuk korban luka atau korban jiwa kami kami mendata," ujarnya.

Sebelumnya, gempa besar mengguncang kawasan Malang, Jawa Timur pukul 14.00 WIB. Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,7 membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah.



Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkuatan M 6,7 SR terjadi pada 8.95 LS, 112.48 BT dengan kedalaman 25 Km.

Lokasi gempa berada 90 km barat daya Kabupaten Malang, 95 km tenggara Kabupaten Blitar,
100 km tenggara Kota Blitar, 190 km barat daya Surabaya dan 700 km tenggara. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Pantauan SINDOnews di lapangan, sejumlah pengunjung dan karyawan mall dan hotel di Kota Malang berhamburan sesaat setelah terjadi gempa. Raut muka mereka panik dan kebingungan.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top