Dyah Erti dan Kunker Tanpa Jeda dari Aceh Utara Hingga Dataran Tinggi Gayo

Sabtu, 10 April 2021 - 12:14 WIB
loading...
Dyah Erti dan Kunker Tanpa Jeda dari Aceh Utara Hingga Dataran Tinggi Gayo
Sebagai istri Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati menyadari betul, bahwa dirinya akan mengemban sejumlah jabatan ex officio.
A A A
BANDA ACEH - Tanpa Jeda! Itulah gambaran kesibukan Dyah Erti Idawati. Sebagai istri Gubernur Aceh menyadari betul, bahwa dirinya akan mengemban sejumlah jabatan ex officio. Mulai dari Ketua Dekranasda Aceh, Ketua TP PKK Aceh, Bunda PAUD hingga Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) serta sejumlah jabatan lainnya. Belum lagi aktifitas non pemerintahan lain yang dipercayakan pada perempuan yang tetap tampil enerjik serta keibuan dalam setiap kegiatannya itu.

Beberapa hari lalu, mulai tanggal 5 hingga 7 Maret, wanita yang juga dosen aktif di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala itu, melakukan perjalanan dinas ke Aceh Utara, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Padahal, sehari sebelumnya Dyah Erti baru saja meresmikan kegiatan Promosi Pariwisata The Light of Aceh, di Provinsi Bali.

Sejumlah agenda telah disusun rapi oleh tim protokol, dari Biro Humas dan Protokol Setda Aceh. Ibu dari dua orang putra itu selalu menekankan efektifitas dalam setiap kunjungan kerjanya. Dyah tidak pernah mau turun ke daerah hanya untuk satu kegiatan saja.

Efektif dan hemat, begitu prinsipnya. Jadi, setiap turun ke daerah tim selalu menyusun agenda sepadat mungkin agar banyak hal dapat dilakukan oleh first lady Aceh itu selama kunjungan kerja ke daerah.

Senin (5/4) Dyah Erti Idawati sebagai Ketua Dekranasda Aceh, didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Mohd Tanwier dan Ketua Dekranasda Aceh Utara Cut Ratna Irawati, meluncurkan pojok kreatif di rest area Aceh Utara, yang berada di kilometer 278 jalan nasional Banda Aceh - Medan, tepatnya di Gampong Simpang Ceubrek Kecamatan Syamtalira Aron.

Selanjutnya, bersama rombongan, Dtah Erti bertolak ke lapangan bola kaki Gampong Cot Murong, Kecamatan Dewantara, untuk meluncurkan program Pasar Murah. Kegiatan ini menandakan dimulainya program Pasar Murah di seluruh Aceh, jelang Ramadhan 1442 Hijriah.

Senin sore, Dyah Erti bersama rombongan bertolak ke Gayo Lues, tepat pukul 21.00 Wib, Dyah Erti tiba di Pendopo Bupati Gayo Lues. Tak langsung beristirahat, Dyah langsung terlibat diskusi serius dengan Ketua Dekranasda Gayo Lues dan jajaran.

Gerakan mendukung UMKM kembali disuarakan oleh Dyah Erti. Pandemi telah memukul jatuh semua sektor termasuk ekonomi. Secara global, perekonomian dunia jatuh, bahkan hingga 2 digit. Pertumbuhan ekonomi dunia cenderung negatif, jatuh hingga minus 24 persen.

Pelaku usaha kreatif seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat merasakan imbasnya. Oleh karena itu, program Pojok Kreatif yang digagas oleh Gubernur Aceh itu terus didengungkan dan disosialisasikan oleh Dyah Erti. Hal ini pula yang ditekankan oleh Dyah Erti kepada Ketua Dekranasda Gayo Lues Hartati Amru. UMKM harus mendapat perhatian khusus karena sektor ini sangat membantu menyokong ketahanan perekonomian nasional dan Aceh.

Keesokan harinya, Selasa (6/4/2021) Dyah Erti kembali dengan kesibukannya. Sejak pagi, sebagai Bunda PAUD Aceh Dyah Erti berkunjung ke TK Negeri 1 Dabun Gelang untuk mensosialisasikan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku atau Gernas Baku dan PAUD Holistik Integratif.

Kepada pihak sekolah, Bunda PAUD Aceh itu menyerahkan buku bacaan bergambar. Kepada para orangtua, Dyah berpesan agar selalu membacakan buku kepada anak, sehingga anak akan mengambil keteladanan dari hal tersebut.
“Kepada para orangtua, mari luangkan waktu untuk membacakan buku kepada anak, agar di masa depan anak-anak kita menjadi generasi yang gemar membaca buku, karena buku adalah jendela dunia. Ketauladanan membaca buku harua kita contohkan kepada anak agar anak kita gemar membaca dan memiliki pengetahuan yang luas," kata Dyah Erti.

Sebagai Ketua TP PKK dan Wakil Satgas Covid-19 Aceh, Dyah Erti juga berkunjung ke SMK Negeri 1 Gayo Lues untuk sosialisasi Gerakan Masker Sekolah atau biasa disingkat Gemas dan sosialisasi vaksinasi Covid-19 kepada siswa dan guru.

Kepada para siswa, Dyah Erti juga berpesan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). “Persiapkan diri, belajar yang rajin, manfaatkan internet untuk mencari soal-soal latihan. Buat orangtua dan sekolah kalian bangga dengan hasil ujian yang maksimal,”pesan Dyah.

Dalam kunjungan tersebut, Dyah Erti juga menyerahkan bantuan alat olahraga kepada SMK N 1 Gayo Lues, SMA N 1 Gayo Lues, SMA Negeri Seribu Bukit, SMA Terangun, SMAN 1 Blang Peugayon dan SMAN 2 Blang Keujeren. Selanjutnya, Dyah Erti bergerak ke Alur Bathin Coffee Aroma Leuser Coffee untuk meluncurkan Pojok Kreatif di Cafe tersebut. Selanjutnya, Dyah Erti juga meninjau pelaksanaan Pasar Murah yang digelar di Pasar Terpadu Gayo Lues, Desa Sentang Kecamatan Blangkeujeren.

Warga terlihat sangat antusias menebus sejumlah kebutuhan pokok dengan harga miring, di Pasar Murah. Riska Mauliza di Aceh Utara dan Niar di Gayo Lues, mengaku sangat terbantu dengan digelarnya program ini oleh Pemerintah Aceh.

“Meski harus mengantri, kami sangat senang dengan diselenggarakannya program ini, karena sangat membantu kami. Apalagi, beberapa hari ke depan kita akan segera memasuki Bulan Suci Ramadhan. Semoga Pemerintah bisa lebih sering menggelar pasar murah seperti ini,” kata Riska.

Selasa sore, sebagai Ketua Pengurus Wilayah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Aceh, Dyah Erti mengukuhkan kepengurusan daerah PD BKMT Gayo Lues. Jelang malam, Dyah Erti bersama rombongan bertolak ke Aceh Tenggara, karena keesokan harinya (Rabu, 7/4) Dyah akan menjalankan agenda yang sama di Bumi Sepakat Segenep.

Di Aceh Tenggara, Bunda PAUD Aceh itu berkunjung ke TK Pembina Kutacane untuk mensosialisasikan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku atau Gernas Baku dan PAUD Holistik Integratif.

Dyah juga berkunjung ke SMA Negeri Lawe Sumur untuk sosialisasi Gerakan Masker Sekolah atau biasa disingkat Gemas dan sosialisasi vaksinasi Covid-19 kepada siswa dan guru. Dyah Erti juga menyerahkan bantuan alat olahraga kepada SMAN 1 dan SMAN Kuta Cane, SMAN Lawe Sigalagala, SMAN Lawe Alas, SMKN Darul Hasanah dan SMAN 1 Badar.

Selanjutnya, Dyah Erti meninjau pelaksanaan Pasar Murah yang digelar di halaman Kantor Camat Bambel, serta meresmikan peluncuran Pojok Kreatif, di Rose Cafe serta di beberapa cafe lain di Kuta Cane. Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Daerah BKMT Aceh Tenggara, menjadi kegiatan terakhir Dyah Erti di Bumi Sepakat Segenep. Jelang Magrib, Dyah Erti dan rombongan melanjutkan perjalanan kembali ke Banda Aceh karena Kamis (8/4) pagi, sejumlah kegiatan telah menanti di Kutaraja.

Kebangkitan UMKM menjadi fokus Dyah Erti dalam kunjungan kerjanya kali ini. Dakam setiap sambutannya, Dyah Erti mengajak para pemangku kebijakan dan para pengusaha untuk terus mendukung para pelaku UMKM, dengan membeli dan menggunakan produk yang dihasilkan.

“Tidak cukup hanya mencintai, mulai sekarang mari kita cintai, belu dan gunakan produk UMKM Aceh. Ingat, UMKM adalah penyangga perekonomian Indonesia dan Aceh. Oleh karena itu, mari terus kita dukung UMKM kita, terutama di masa pandemi saat ini. Mari dukung kebangkitan UMKM Aceh dengan membeli produk-produk UMKM.

Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Daerah BKMT Aceh Tenggara, menjadi kegiatan terakhir Dyah Erti di Bumi Sepakat Segenep. Jelang Magrib, Dyah Erti dan rombongan melanjutkan perjalanan kembali ke Banda Aceh karena Kamis (8/4) pagi, sejumlah kegiatan telah menanti di Kuta Raja.

Kebangkitan UMKM menjadi fokus Syah Erti dalam kunjungan kerjanya kali ini. Dakam setiap sambutannya, Dyah Erti mengajak para pemangku kebijakan dan para pengusaha untuk terus mendukung para pelaku UMKM, dengan membeli dan menggunakan produk yang dihasilkan.

“Tidak cukup hanya mencintai, mulai sekarang mari kita cintai, belu dan gunakan produk UMKM Aceh. Ingat, UMKM adalah penyangga perekonomian Indonesia dan Aceh. Oleh karena itu, mari terus kita dukung UMKM kita, terutama di masa pandemi saat ini. Mari dukung kebangkitan UMKM Aceh dengan membeli dan menggunakannya,” kata Dyah. (CM)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7017 seconds (0.1#10.140)