Alami Down Sindrom, Balita Ini Dibantu Keluarga Besar TNI AD Sultra

Sabtu, 10 April 2021 - 12:13 WIB
loading...
Alami Down Sindrom, Balita Ini Dibantu Keluarga Besar TNI AD Sultra
Balita Afiq Raanan Hendra yang mengalami diagnosa down sindrom dan kelainan jantung mendapat bantuan dari keluarga besar TNI AD Korem 143/HO. Foto/Penrem143
A A A
KENDARI - Afiq Raanan Hendra balita berusia 1 tahun 2 bulan yang mengalami diagnosa down sindrom dan kelainan jantung mendapat bantuan dari keluarga besar TNI AD Korem 143/HO . Penyerahan bantuan sebesar Rp55 juta dilakukan di rumah kontrakan orang tuanya di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga: Peduli Warakawuri, Istri Danrem 143 /HO Kunjungi Istri Alm Serda Baso Hadang

"Kondisi Afiq putra dari Hendra Cipta (44) dan Hj Herianti (41) saat ini sangat memprihatinkan, jangankan untuk kegiatan yang lain untuk makan saja dia sangat kesulitan," kata Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam keterangannya yang diterima SINDOnews, Sabtu (10/42021).

Baca juga: Pangdam Hasanuddin Tinjau Sarana Fitness Korem 143 dan Salat Jumat di Masjid Al-Alam

Rusmin menjelaskan, Afiq didiagnosa mengalami kelainanan jantung akibat down sindrom. "Kondisi Afiq seperti itu. Hal ini dialami karena faktor genetik keluarga," tuturnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui Afiq mengalami Tetralogy Of Fallot (TOF). "Dan menurut dokter dari RS Bahteramas disarankan untuk melaksanakan operasi di RS Harapan Kita," lanjut Rusmin.

Prihatin dengan kondisi Afiq dan kondisi ekonomi keluarganya yang tidak mampu, maka bertepatan dengan HUT Persit ke 75 KBT, TNI AD di Sultra tergerak membantu.

"Bantuan tali asih ini langsung diserahkan oleh Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 143 Vera Jannie A Siahaan di rumah kontrakan oerang tua Afiq," ungkapnya.

Rusmin menyebut, terkumpul dana bantuan pengobatan sebesar Rp55 juta dan berbagai bahan makan, dan juga membayarkan BPJS satu keluarga selama 1 tahun.

Pada kesempatan itu, saat tiba di rumah kontrakan orang tua Afiq di Lahundape, Kota Kendari, Kamis (8/4/2021) Danrem beserta istrinya merasa miris melihat kondisi Afiq.

“Kenapa bisa begini, kasihan anak ini,” ucap Brigjen Jannie seketika itu saat melihat Afiq. Danrem menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan istrinya, Hetty Andika Perkasa serta Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dan istrinya Yuani Mochamad Syafei K. "Jajaran TNI AD dimanapun berada harus peduli dan membantu masyarakat yang membutuhkan," tegas Danrem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)