Danrem 174/ATW Merauke Resmikan Dua Pos Koramil di Asmat

Jum'at, 09 April 2021 - 22:04 WIB
loading...
Danrem 174/ATW Merauke Resmikan Dua Pos Koramil di Asmat
Komandan Resort Militer (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko meresmikan dua Pos Komando Rayon Militer (Koramil) di Distrik Atsj dan Distrik Suator, Kabupaten Asmat, belum lama ini.
A A A
AGATS - Komandan Resort Militer (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko meresmikan dua Pos Komando Rayon Militer (Koramil) di Distrik Atsj dan Distrik Suator, Kabupaten Asmat, belum lama ini.

Mengingat jarak antara kedua distrik ini berjauhan, maka peresmian kedua Koramil tersebut dilakukan di Koramil Atsj. "Kami sangat bersyukur, karena telah memiliki enam Pos Koramil di Kabupaten Asmat," ujarnya.

Empat Pos Koramil lainnya tersebar di Distrik Fayit, Distrik Pantai Kasuari, Distrik Sawa Erma, Distrik Agats. "Kehadiran sejumlah pos koramil ini tidak terlepas dari dukungan Pemda Asmat yang saat ini dipimpin Bupati Elisa Kambu dan Wabup Thomas E. Safanpo," kata Danrem Bangun.

Mewakil TNI Danrem menyampaikan terima kasih banyak kepada Bupati dan Wakil Bupati Asmat yang telah memberikan dukungan kepada TNI di Kabupaten Asmat. "Semua dukungan ini tidak lain adalah untuk mengawal keamanan dan rasa aman masyarakat Kabupaten Asmat. Karena kami TNI, Babinsa adalah milik masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, Babinsa tidak hanya melayani rakyat soal Kamtibmas, tetapi juga membantu melaksanakan kegiatan sosial di lingkungan masyarakat setempat. "Kepada masyarakat jika membutuhkan tenaga TNI untuk melaksanakan kegiatan sosial, datang dan panggil mereka untuk bersama-sama bekerja," ujarnya.
Danrem 174/ATW Merauke Resmikan Dua Pos Koramil di Asmat

Danrem Bangun berharap terjadi sinergitas semua elemen sebagai wujud perdamaian antara satu dengan yang lain.

Bupati Asmat Elis Kambu pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa peresmian dua Koramil ini adalah bentuk dukungan Pemkab Asmat kepada TNI. "Pemkab Asmat mendukung penuh TNI hadir di kampung-kampung di Asmat untuk meciptakan rasa aman bagi masyarakat, dan ikut membantu masyarakat dalam pembangunan sesuai bidangnya," katanya.

Selain TNI, juga ada polsek-polsek yang hadir di distrik setempat. Menurut Elisa pihaknya juga telah membantu membangun Pos Polsek di sejumlah distrik di Asmat, "Karena ini komitmen saya bersama Wabup Asmat Thomas E. Safanpo untuk bersinergi bersama TNI/Polri dalam memperhatikan masyarakat di Asmat dan menciptakan rasa aman dan menbantu mendorong pembangunan di segala aspek," tuturnya.

Peresmian Koramil ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Bupati Asmat Elisa Kambu, bersama Ketua DPRD Asmat Yoel Mangaprou. Kemudian dilanjutkan dengan pendatanganan kesepakatan untuk melegalkan peresmian kedua Koramil tersebut.

Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengajak beberapa perwakilan tokoh adat untuk melaksanakan tanda tangan, "Kenapa tokoh adat ikut juga bertanda tangan, hal ini sebagai bentuk penghargaan TNI kepada mereka selaku tuan tanah, dan juga sebagai sinergitas TNI bersama masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, penandatanganan oleh tokoh adat baru kali ini dilakukan. "Tetapi pada 2019 yang lalu sama halnya dilakukan pada persemian Pos Koramil Distrik Fayit dan juga pada beberapa Koramil pada tetangga kabupaten lainya," ujarnya.

Hadirnya dalam peresemian Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar, Kasrem 174/ATW Merauke Kolonel Arh. Hami Tohari. Ada pun Kasi Intel Korem 174/ATW Merauke Kolonel Inf. Enjang, pimpinan TNI/Polri setempat, tokoh masyarakat dan undangan terkait lainnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)