Gaungkan Bela Negara, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM Lokal

Sabtu, 03 April 2021 - 16:38 WIB
loading...
Gaungkan Bela Negara, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM Lokal
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengajak masyarakat berbelanja produk UMKM sebagai bagian bela negara dalam perang melawan COVID-19. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggaungkan bela negara di tengah perang melawan COVID-19, salah satunya dengan berbelanja produk-produk usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).
Baca juga: Pemerintah Belanja Produk UMKM Rp400 Triliun, Ridwan Kamil: Ini Peluang UMKM Jabar!

Ajakan tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menghadiri kegiatan Karya Kreatif Jabar 2021 dan Pekan Kerajinan Jabar "Jabar Paten" dalam rangka Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bersama Menteri Koperasi dan UKM di Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Sabtu (3/4/2021).

Baca juga: Punya Jutaan Follower, Ridwan Kamil Manfaatkan Akun Medsosnya Dukung Gernas

Dalam kegiatan yang juga ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas Jabar itu, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu meminta semua pihak tidak menyerah dalam perang melawan COVID-19. Oleh karenanya, dia berharap, seluruh rakyat Indonesia, termasuk warga Jabar melakukan bela negara guna melawan COVID-19.

"Kita tidak boleh nyerah oleh COVID-19. Setahun kita berjuang perang melawan musuh yang tidak terlihat. Kalau dulu kita perang melawan penjajah, sekarang kita berperang melawan penyakit COVID-19. Karena sifatnya perang, semua dari kita harus bela negara," tegas Kang Emil.

Bela negara, lanjut Kang Emil, bisa dilakukan masyarakat dengan berbagai cara sesuai profesinya dan kemampuannya masing-masing. Namun, kata Kang Emil, khusus bagi masyarakat yang memiliki harta, bela negara dapat dilakukan dengan berbelanja produk-produk UMKM, agar para pelaku UMKM yang sempat terpuruk dapat kembali bangkit.



"Dulu bela negara dengan senjata, sekarang bela negara dengan profesi, dengan tenaga kesehatan dokter di depan. Anda yang punya harta bela negara lah dengan harta, belanjalah karena belanja hari ini adalah bela negara," ujarnya.

Kang Emil juga menyebut bahwa Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang digelar Kementerian Koperasi dan UMKM juga menjadi wujud bela negara dan pihaknya memberikan dukungan penuh demi kesuksesan gerakan tersebut.

"Maka saya perintahkan kepada ibu-ibu di Jabar, tolong belanjanya dimaksimalkan. Kalau ada suaminya protes, bilang diperintah Gubernur Jabar," lanjut Kang Emil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)