Sempat Padam, Api di Kilang Minyak Balongan Kembali Membara

Rabu, 31 Maret 2021 - 16:30 WIB
loading...
Sempat Padam, Api di Kilang Minyak Balongan Kembali Membara
Setelah sempat padam api di Kilang Minyak Refinery Unit VI Balongan kembali membara pada Rabu siang (31/3/2021). Asap tebal dan kobaran api terlihat jelas meski petugas gabungan Damkar terus berupaya memadamkan kobaran api. Foto iNews TV/Toiskandar
A A A
INDRAMAYU - Setelah sempat padam api di Kilang Minyak Refinery Unit VI Balongan kembali membara pada Rabu siang (31/3/2021). Asap tebal dan kobaran api terlihat jelas meski petugas gabungan Damkar terus berupaya memadamkan kobaran api dengan zat kimia foam dan bantuan alat penyedot air laut dari Pertamina Cilacap.
Sempat Padam, Api di Kilang Minyak Balongan Kembali Membara

Sebelumnya sekitar pukul 09.20 WIB terjadi ledakan susulan membuat warga di sekitaran Kilang PT Pertamina RU Unit VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat panik mereka berhamburan untuk mengecek langsung lokasi titik kebakaran.

“Ledakan susulan ini beruntung tidak dibarengi dengan getaran atau gempa seperti pada ledakan pertama yang membuat PT Pertamina RU VI Balongan terbakar hebat,” kata Wahyudi warga Desa Balongan.

Sementara menurut Dede Hidayat Perangkat Desa Balongan, Pemerintah Desa Balongan memastikan ledakan itu tidak berbahaya ledakan tersebut masih bagian dari upaya pemadaman api.
Sempat Padam, Api di Kilang Minyak Balongan Kembali Membara

“Kepada masyarakat pemerintah mengimbau untuk tidak panik namun tetap selalu waspada,” kata Dede Hidayat.

Baca: Setelah Tiga Hari, Tiga Tangki Kilang Balongan yang Terbakar Akhirnya Padam


Sebelumnya Pertamina mengkonfirmasi bahwa kebakaran yang terjadi terhadap empat tangki di Kilang Minyak Balongan , tiga diantaranya akhirnya padam pada Rabu (31/3/2021). Saat ini, tersisa satu tangki lagi yang masih dalam proses pemadaman.

Proses pemadaman sendiri perlu waktu tiga hari lamanya, setelah meledak dan terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari. "Tiga tangki di Kilang Pertamina Refinery Unit VI Balongan telah padam," tulis Instagram @Pertamina.



Menurut sumber tersebut, proses padamnya api dimulai pada tangki T-301 H yang padam pukul 01.30 WIB. Kemudian disusul tangki T-301 E yang padam pada pukul 06.44 WIB, dan terakhir tangki T301 G padam pada pukul 08.30 WIB.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)