Khofifah Sebut Persemi Jadi Terobosan Kemah New Normal Pertama di Indonesia

Senin, 29 Maret 2021 - 00:30 WIB
loading...
Khofifah Sebut Persemi Jadi Terobosan Kemah New Normal Pertama di Indonesia
Gubernur Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim, menyalakan api unggun menandai pembukaan Persemi didampingi Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil
A A A
JEMBER - Perkemahan Sehat Era Pandemi (Persemi) mulai digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur pada Sabtu (27/3/2021) hingga Minggu (28/3/2021). Sejumlah tokoh hadir dalam acara yang digelar di City Forest and Farm, Kaliurang, Jember itu.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim, mengapresiasi Persemi tersebut, karena memenuhi protokol kesehatan. Persemi, kata dia, adalah sebuah terobosan yang diinisiasi Kwarda Jatim yang akan menjadi referensi Pramuka di Indonesia.

Baca juga: Jurnalis Nurhadi Dianiaya, Aliansi Anti Kekerasan Desak Polisi Usut Tuntas

"Bahwa ada referensi perkemahan pandemi dengan tetap menjaga protokol kesehatan sambil tetap konsolidasi. Pasti tidak mudah menemukan ruang seperti ini dan action plan yg terencana dan terukur," ujar Khofifah dalam sambutan di acara pembukaan Persemi pada Sabtu (27/3/2021) malam.

Khofifah juga menilai, Pramuka selama ini telah membuktikan darma baktinya dengan tidak pernah lelah melayani masyarakat. "Setiap ada banjir, selalu ada Pramuka di sana. Begitu kuat dedikasi saat negara membutuhkan, Pramuka selalu hadir. Saya ingin hal-hal tersebut akan terus dijaga Pramuka dimanapun dan kapanpun," pungkas mantan Mensos ini.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil menyatakan kegiatan Persemi ini akan menjadi model dari kegiatan Pramuka selanjutnya di masa pandemi.

Baca juga: Ada 2 Wanita Seksi Dalam Kasus Narkoba yang Melibatkan Pejabat Pemkot Malang Berinisial AH

"Memaknai pesan tegas kakak Khofifah Indar Parawansa, selaku Ketua Mabinda Pramuka Jawa Timur, agar Pramuka selalu mengisi ruang kosong antara rumah dan sekolah, dirumah ada orang tua dan di sekolah ada guru, kita pramuka mengisi diantaranya tersebut," tutur Arum.

Menurutnya, pandemi yang masih berlangsung menuntut semua pihak untuk cerdas menghadapi dan beradaptasi. Digelarnya Persemi dengan disiplin prokes, menurut Arum, juga untuk menjawab keresahan orang tua.

"Sering kami mendengar keresahan orang tua yang mengkhawatirkan tumbuh kembang anaknya. Di antaranya adalah terbentuknya karakter negatif yang berdampak pada kesehatan," ujar Arum
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)