Dukungan Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional Terus Mengalir

Minggu, 28 Maret 2021 - 06:38 WIB
loading...
Dukungan Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional Terus Mengalir
DPW PKB Jatim mendukung dan mengawal pemberian gelar pahlawan nasional pada Syaikhona Kholil. SINDOnews/Aan Haryono
A A A
BANGKALAN - Dukungan pada Syaikhona Kholil menjadi pahlawan nasional terus mengalir. Kali ini, DPW PKB Jatim memberikan dukungan penuh dan akan terus mengawal.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar menuturkan, pihaknya mendukung penuh penyematan gelar pahlawan nasional pada ulama besar asal Kabupaten Bangkalan.

"Kepahlawanan Syaikhona Kholil tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, sudah diakui dunia sejak lama," kata Gus Halim, panggilan akrabnya ketika Sarasehan Nasional 'Urgensi Pengusulan Syaikhona Kholil Menjadi Pahlawan Nasional' di Ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan, Sabtu (27/3/2021).

Ia melanjutkan, PKB mulai dari tingkat DPC, DPW hingga DPP telah berkomitmen untuk mewujudkan gelar pahlawan nasional bagi Syaikhona Kholil dengan membagi tugas pengawalan. Sehingga rangkaian dan pengawalan itu bisa dilakukan.

Bahkan, katanya, Nahdlatul Ulama (NU) lahir berkat dukungan dan restu Syaikhona Kholil. Sedangkan berdirinya PKB tidak lepas dari peran organisasi NU.

"Dukungan ini penuh dan tanpa syarat, karena Syaikhona Kholil sangat layak menerima gelar pahlawan nasional," jelas Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDT) ini

Ketua DPC PKB Bangkalan H Syafiuddin Asmoro mengatakan, kontribusi Syaikhona Kholil di Indonesia dalam bidang agama, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan sangat besar.

Baca juga: Kabar Gembira, Warga Surabaya Kini Bisa Vaksinasi COVID-19 Drive Thru

Banyak peran yang diberikan untuk kontribusi bagi masyarakat "Perjuangannya melawan kolonialisme sudah sangat jelas," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Melalui Drive Thru, Pemkot Optimistis Vaksinasi Lansia Tuntas

Sampai saat ini, santri-santri Syaikhona Kholil tersebar di berbagai daerah dan menjadi figur gerakan kebangsaan dan gerakan kemerdekaan Indonesia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)