Percepat Target Lansia, RS Bhayangkara Tulungagung Buat Terobosan Vaksinasi Drive Thru

Jum'at, 26 Maret 2021 - 19:02 WIB
loading...
Percepat Target Lansia, RS Bhayangkara Tulungagung Buat Terobosan Vaksinasi Drive Thru
Ilustrasi/Dok
A A A
TULUNGAGUNG - Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung memberlakukan layanan vaksinasi COVID-19 drive thru kepada kelompok lanjut usia (lansia) yang masih beraktifitas di jalan.

Misalnya lansia yang sedang mengendarai roda empat. Petugas bisa langsung melakukan vaksinasi di dalam mobil.

Menurut Kordinator vaksinasi RS Bhayangkara Tulungagung Yuyun Widyawati, progam terobosan yang dijalankan sudah melalui koordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten Tulungagung. "Kita sudah berkoordinasi dengan dinkes," ujar Yuyun kepada wartawan Jumat (26/3/2021).

Vaksinasi drive thru pada Jumat ini (26/3/21) telah melayani sebanyak 150 orang lansia. Proses drive thru berlangsung cepat.

Mulai screening kesehatan hingga penyuntikan vaksin COVID-19, semua dilakukan di dalam kendaraan. Menurut Yuyun, untuk vaksinasi selanjutnya, pihaknya masih menunggu hasil koordinasi dengan dinkes. "Untuk selanjutnya menunggu koordinasi dengan dinkes," pungkas Yuyun.

Sementara sesuai data dispendukcapil Kabupaten Tulungagung, jumlah lansia di Tulungagung mencapai 193 ribu jiwa.

Jumlah ini berbeda dengan data kementrian kesehatan yang menyebut jumlah lansia di Tulungagung yang masuk sasaran vaksinasi, sebanyak 67 ribu jiwa.

Baca juga: Wagub Emil Minta Pembebasan Lahan Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek Dipercepat

Kabid Pencegahan dan Perlindungan Penyakit Dinkes Tulungagung Didik Eka mengatakan, tidak semua lansia disuntik vaksin. "Yang divaksin yang masih produktif dan mempunyai mobilitas," ujar Didik Eka.

Sementara terkait program vaksinasi drive thru, Didik Eka mengatakan, inisiatif tersebut datang dari RS Bhayangkara. Program tersebut untuk membantu percepatan vaksinasi kelompok lansia.

Baca juga: Nessa Alan Carera Hilang Misterius selama 4 Hari Usai Pamit Main

Dalam pelaksanaannya, peran dinas kesehatan hanya menyediakan vaksin COVID-19 yang dibutuhkan. "Saat ini sudah ada sekitar dua ribuan lansia Tulungagung yang sudah disuntik vaksin," kata Didik Eka.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)