Kandidat Ketua PPP Sulsel Berebut 36 Suara di Muswil

Kamis, 25 Maret 2021 - 10:14 WIB
loading...
Kandidat Ketua PPP Sulsel Berebut 36 Suara di Muswil
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 36 suara akan menjadi rebutan di musyawarah wilayah (muswil) PPP Sulsel . Para pemilik suara ini terdiri dari DPC, DPW, sayap partai, dan suara penimbang yang berasal dari fraksi DPRD kabupaten/kota.

"Jumlahnya ada 36 suara, paling banyak ada di DPC karena jumlahnya ada 24. Dan juga suara penimbang yang berasal dari daerah yang berhasil membentuk fraksi utuh," kata Wakil Ketua DPW PPP Sulsel , Imam Fauzan saat ditemui di DPRD Sulsel , kemarin.



Imam mengatakan, sebanyak sepuluh daerah yang berhasil membentuk fraksi utuh, di antaranya ialah DPRD provinsi, Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Sidrap, Pinrang, Luwu, dan Makassar.

"Khusus Kabupaten Gowa ada dua suara yang disumbangkan fraksinya, lantaran mereka berhasil mendudukkan delapan kursi di DPRD. Selebihnya, hanya satu suara saja," ujarnya.

Diakui Imam, 36 suara ini kemudian akan memilih formatur saat muswil mendatang. Sebanyak tujuh formatur yang terdiri dari masing-masing satu DPP dan DPW, serta lima DPC, khsusus dari DPP dilakukan penunjukan langsung.

"Dari suara itu setiap orang memilih formatur yang komposisinya tujuh orang. Jadi siapa yang masuk formatur, teman-teman DPC yang memilih," pungkasnya.



Hanya saja, suara penimbang dari fraksi DPRD kabupaten/kota dan DPC harus sama, tak boleh berbeda, sehingga yang menentukan suaranya ialah hak ketua DPC-nya.

"Misalnya di Gowa, ada tiga suara di situ. Satu dari DPC dan dua suara dari fraksinya, maka yang menentukan ialah ketua DPC-nya, tak boleh yang lain," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)