Jelang Ramadan, Imam dan Marbut Masjid di Gowa Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 22 Maret 2021 - 18:49 WIB
loading...
Jelang Ramadan, Imam dan Marbut Masjid di Gowa Disuntik Vaksin Covid-19
Suasana pembukaan vaksinasi untuk imam dan marbot masjid di Baruga Karaeng Galesong, kantor Bupati Gowa, Senin (22/3/2021). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan , seluruh imam di Kabupaten Gowa baik imam dusun, lingkungan, desa, kelurahan, imam masjid maupun marbut divaksin Covid-19 .

Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kebijakan ini diambil karena pada bulan Ramadan aktivitas dan interaksi akan lebih banyak terjadi di masjid antara jamaah dan imam, sehingga risiko penularan tinggi.



"Program vaksinasi ini untuk melindungi para imam dan marbut yang ada di Kabupaten Gowa, agar tidak tertular Covid-19 dan mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik," kata Adnan saat membuka pelaksanaan vaksinasi di Baruga Karaeng Galesong, kantor Bupati Gowa , Senin (22/3/2021).

Ia berharap seluruh imam dan marbut di Gowa sudah menerima vaksin, baik dosis pertama maupun kedua sebelum masuk bulan Ramadan . Walaupun sudah divaksin, ia meminta agar imam dan marbut tetap menjalankan protokol kesehatan di masjid.

"Sudah divaksin kita masih memungkinkan kena Covid-19. Hanya saja gunanya vaksin kalau kita kena atau tertular Covid-19 , insyaallah gejalanya tidak parah," jelas Adnan.

Sementara untuk pelaksanaan salat tarawih di masjid, Adnan mengaku pemkab masih akan melakukan kajian dan melihat kesiapan masjid yang ada di Gowa. Namun menurutnya, jika salat tarawih dilaksanakan di masjid, protokol kesehatan ketat harus dijalankan.



"Kita nanti akan keluarkan edaran setelah melakukan kajian dan rapat Forkopimda. Apa yang menjadi keputusan Forkopimda itulah yang akan kita sampaikan ke pengurus masjid, apakah kita persilahkan salat tarawih atau tidak. Kalaupun dilaksanakan ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh pengurus dan imam masjid," tambahnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa , H Syamsuddin Bidol dalam laporannya mengatakan, selain imam, program vaksinasi ini juga diperuntukkan bagi pimpinan pondok pesantren, rumah tahfiz dan tim dakwah Pemkab Gowa .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)