16 Tahun Hilang saat Tsunami Aceh, Personel Brimob Ini Ditemukan di Rumah Sakit Jiwa

Rabu, 17 Maret 2021 - 19:51 WIB
loading...
16 Tahun Hilang saat Tsunami Aceh, Personel Brimob Ini Ditemukan di Rumah Sakit Jiwa
Abrip Asep seorang personil Brimob Asep personel Poskotis Brimob Peukan Banda Aceh yang hilang saat tsunami Aceh tahun 2004 ternyata ditemukan di Rumah Sakit Jiwa Zaenal Abidin Banda Aceh. Asep (kiri) Foto Ist
A A A
BANDA ACEH - Gembira bercampur bingung saat seorang sahabat menginformasikan telah ditemukan seorang personil Brimob Polri bernama Asep yang bertugas sebagai pasukan Bantuan Keamanan Operasional Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh dan bertugas sebagai Poskotis Brimob Peukan Banda Aceh tahun 2004.
16 Tahun Hilang saat Tsunami Aceh, Personel Brimob Ini Ditemukan di Rumah Sakit Jiwa

Saat itu Asep masih sebagai Bhayangkara Muda dan menyemat pangkat sebagai Ajun Brigadir Polisi (Abrip).

Dia adalah lulusan Sekolah Tamtama Polri tahun 1999/2000. Pada saat terjadi Tsunami yang mengguncang Aceh pada 2004, Asep sedang bertugas pada posko pengamanan mengingat waktu itu Aceh sedang bergejolak politik dengan adanya Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Tsunami Aceh pagi itu menyapu bersih posko tempat Asep bertugas bersama seluruh bangunan lainnya yang ada hingga rata tanah dan menelan korban jiwa hingga puluhan ribu jiwa.

Asep dilaporkan hilang sebagai korban akibat bencana Tsunami Aceh dan digelar sebagai Abrip Anumerta Asep.

Perasaaan haru para sahabat di Polda Aceh saat ada informasi dari pihak Rumah Sakit Jiwa Zaenal Abidin Banda Aceh kalau salah satu pasiennya diduga adalah personil Polri.

Bripka Indra bersama rekan-rekannya langsung ke rumah sakit dan mendapati Asep sedang berada ditengah para pasien ODGJ.



"Saat mereka datang Abrip Asep tidak merespon dengan normal. Hal inipun bisa dimaklumi. Sampai sejauh ini pihak rumah sakit telah mencocokan ciri fisik serta ciri lainnya dan mendekati ciri seorang Abrip Asep. Kecocokan ini masih perlu koordinasi dengan pihak keluarganya di Palembang," kata Bripka Indra dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (17/3/2021).

"Suasana hari ini belum bisa digambarkan dengan kata-kata lantaran rasa haru yang tak berpenghabisan dari para sahabat apalagi keluarga. Enam belas tahun 3 bulan Abrip Asep hilang dan dikabarkan sudah meninggal dunia akibat sapuan Tsunami Aceh 2004 kini ditemukan kembali sebagai seorang yang sempurna meski mengalami gangguan jiwa. Rasa syukurpun tak henti-hentinya bagi Sang Khalik pemberi Kehidupan atas mukjizat ini. Keluarga Besar Polri akan berbahagia atas informasi ini," timpalnya.



Menurut teman temanya semoga saja Asep dapat sehat kembali dan sudi kiranya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bisa mengakomodasi untuk kembali menjadi anggota Polri dengan pangkat yang disesuaikan dengan jasa dan aturan kepangkatan yang berlaku. Bravo Abrip Asep.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)