Tiga Pesona Wisata Pilihan di Balik Pamor Kota Tahu Sumedang

Sabtu, 13 Maret 2021 - 11:17 WIB
loading...
Tiga Pesona Wisata Pilihan di Balik Pamor Kota Tahu Sumedang
Curug Cinulang alias curug kembar jadi salah satu tujuan wisata di Sumedang. Foto dok SINDOnews
A A A
SUMEDANG - Siapa yang tak kenal dengan julukan Kota Tahu. Ya, julukan tersebut sudah sejak lama melekat pada Kabupaten Sumedang. Di balik pamornya yang sudah melekat kuat, Sumedang yang masih menjadi bagian kawasan Bandung Raya itu memiliki segudang potensi pariwisata .

Bahkan, destinasi wisata di Sumedang tak kalah dengan Bandung, Ibu Kota Jawa Barat. Kini, Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata Jabar pun tengah menggenjot Sumedang sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Bandung Raya. Berikut tiga destinasi wisata pilihan di Sumedang yang memesona dan tentunya dapat menjadi referensi Anda saat berkunjung ke Sumedang di akhir pekan seperti saat ini. Baca juga: Wisata Gunung Boga, Negeri Atas Awan yang Jadi Spotify Paralayang Pertama di Kaltim

Kampung Ciherang

Tiga Pesona Wisata Pilihan di Balik Pamor Kota Tahu Sumedang

Kolam renang Instagramable di kawasan wisata Kampung Ciherang.

Dengan jarak tempuh hanya sekitar satu jam dari Kota Bandung, objek wisata alam ini bisa menjadi weekend gateway terbaik. Kampung Ciherang terletak di kawasan hutan pinus Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari.

Objek wisata ini pun dilengkapi berbagai fasilitas bermain dan bersantai untuk keluarga. Aliran Sungai Ciherang dimanfaatkan pengelola menjadi kolam renang yang mengasyikan dan Instagramable.

Dengan luas area yang mencapai 12 hektare, Kampung Ciherang juga memiliki akses yang mumpuni berupa jalan beton. Soal tarif masuk wahana ini pun terbilang murah. Bersebelahan dengan Kampung Ciherang, berdiri juga Pesona Taman Puspa yang merupakan obyek wisata alam penuh fasilitas edukasi dengan suasana pegunungan yang segar.

Wisata Sejarah di Gedung Negara
Tiga Pesona Wisata Pilihan di Balik Pamor Kota Tahu Sumedang

Gedung Negara Pakuan, objek wisata dengan pesona sejarahnya


Di masa kepemimpinan Bupati, Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati, Erwan Setiawan, Gedung Negara yang dikenal sebagai salah satu gedung pemerintahan di Kabupaten Sumedang pelan-pelan kini beralih menjadi fasilitas wisata publik.

Gedung bersejarah ini dibangun pada tahun 1850. Awalnya, Gedung Negara ini dibangun untuk mengakomodasi kunjungan tamu-tamu dari Batavia yang datang ke Sumedang. Selain memiliki pesona wisata sejarah, Gedung Negara kini menjadi salah satu spot wisata yang menarik setelah sang Bupati Dony Ahmad Munir merehab bagian belakang gedung tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)