Heboh Pernyataan Wabup Sidoarjo, Ketua DPC ISRI: Sidoarjo Rumah Kebangsaan Bersama

Rabu, 10 Maret 2021 - 20:20 WIB
loading...
Heboh Pernyataan Wabup Sidoarjo, Ketua DPC ISRI: Sidoarjo Rumah Kebangsaan Bersama
Ketua DPC Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Kabupaten Sidoarjo, Gus Sholikh Al Huda. Foto/Ist.
A A A
SIDOARJO - Masyarakat Kabupaten Sidoarjo , dihebohkan dengan viralnya sebuah video di Media Sosial (Medsos) terkait pernyataan Wakil Bupati Sidoarjo , Subandi yang menyatakan penataan Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama camat, memiliki kreteria khusus dari kader NU atau yang loyal terhadap NU.



Munculnya pernyataan tersebut sangat disayangkan, oleh Ketua DPC Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Kabupaten Sidoarjo , Gus Sholikh Al Huda. Menurutnya, pernyataan itu kurang etis dan tidak pantas disampaikan oleh seorang pemimpin publik secara vulgar, dan tersebar di publik yang kondisinya beragam secara kultur, golongan, suku, agama.



"Selain itu, pernyataan tersebut juga tidak mencerminkan sebagai seorang negarawan yang seharusnya dapat mengayomi semua rakyatnya. Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo , setelah terpilih dan dilantik secara sah, adalah pemimpin seluruh masyarakat Sidoarjo , dan sudah milik masyarakat. Sehingga seharusnya orientasi kebijakannya adalah berorientasi untuk kemashlahatan semua rakyat Sidoarjo," tegasnya.



Kepala daerah, menurutnya sudah tidak lagi berfikir parsial, sempit hanya untuk golongannya. Walaupun memang proses menjadi pemimpin didukung golongnya. Tetapi jika sudah terpilih, maka sudah menjadi milik seluruh masyarakat Sidoarjo .

"Sebagaimana kaidah Ushul Fiqih Tasharruf al Imam 'Ala Ra'iyathun Manuthun Bil Maslahah. Maka, kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyatnya harus berorientasi pada kemashlahatan bersama," tegasnya.

Sudah seharusnya, sikap kepemimpinan Wakil Bupati Sidoarjo , mencerminkan sebagai negarawan dan menjadikan Sidoarjo , sebagai rumah kebangsaan bersama bagi semua elemen masyarakat Sidoarjo , yang nyaman dan harmonis.



Semua masyarakat Sidoarjo , ditegaskannya memiliki hak yang sama mengembangkan diri dan bakatnya secara terbuka di Sidoarjo . "Artinya semua elemen anak bangsa di Sidoarjo , yang berkualitas dari elemen apa saja punya hak yang sama untuk ikut serta membangun Sidoarjo," tegasnya.

Sekretaris DPD KNPI Jawa Timur Periode 2017-2019 ini juga mengharapkan, ke depan para pemimpin Sidoarjo , menjaga setiap ucapan dan informasi di ruang publik yang lebih santun, sejuk dan menjadikan Sidoarjo milik bersama.

" Sidoarjo dibangun bersama, agar Sidoarjo lebih maju dan sejahtera rakyatnya. Maka butuh lebih banyak sinergi untuk mendukung pembangunan, bukan justru membangun peta konflik antar golongan," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)